SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa belajar (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, SLEMAN–Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman menggelar lomba Gladi Kawruh Basa Jawa tingkat SMP. Lomba ini diikuti 27 sekolah yang mengirimkan tiga siswanya untuk bertanding pengetahuan bahasa Jawa ini.

Kepala Disdikpora Sleman, Arif Haryono mengatakan, lomba cerdas cermat bahasa Jawa ini dari tahun ke tahun peminatnya makin banyak. Tahun lalu, ada 19 sekolah yang ikut dan tahun ini sudah menjadi 27 sekolah atau 81 siswa SMP di Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Acara ini sebenarnya diadakan dari segala tingkatan, yakni SD, SMP, SMA dan SMK. Lombanya semua pengetahuan soal budaya dan bahasa Jawa,” kata Arif seusai perlombaan di Disdikpora Sleman, Rabu (16/10/2013).

Arif menambahkan materi yang dilombakan antara lain upacara kas Sleman, makanan kas Sleman dan tokoh dari Kabupaten Sleman. Masih ada pengetahuan pewayangan dan paugeran tentang sastra Jawa, mulai dari parikan dan cangkriman.

Sebagai Juara Pertama dalam lomba kali ini adalah SMPN 5 Sleman. Sedangkan Juara Kedua adalah SMPN 1 Seyegan dan Juara Ketiga dari SMPN 1 Mlati.

“Ini acara tahunan dan kini memasuki tahu kelima. Ini merupakan tindak lanjut dari Pergub soal muatan lokal yang masuk dalam kurikulum di sekolah, mulai SD hingga SMA dan SMK,” kata Arif yang menambahkan para juara tingkat kabupaten ini akan mewakili untuk maju lomba di tingkat DIY pada November mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya