SOLOPOS.COM - Deddy Corbuzier berdiskusi dengan Ustaz Wijayanto mengenai pengertian kafir (Youtube)

Video motive dari Deddy Corbuzier membahas tentang pengertian kafir yang kerap digunakan untuk merendahkan kelompok tertentu.

Solopos.com, SOLO – Motive merupakan video bertema yang diunggah Deddy Corbuzier di saluran resmi Youtube miliknya. Setelah membahas tentang Islam hingga cara mendidik anak, video terbaru yang diunggah Deddy membahas tentang pengertian kafir. Untuk itu, Deddy menggandeng Ustaz Wijayanto sebagai narasumber.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Video Apakah Saya Kafir? Feat. Ustaz Wijayanto (Motive Deddy Corbuzier) diunggah Deddy, Senin (19/6/2017). Dalam video tersebut Deddy mempertanyakan apakah dirinya termasuk kafir atau bukan. “Buat Anda yang nonmuslim, apakah anda kafir? Buat Anda yang muslim, apakah Anda menganggap teman-teman Anda yang nonmuslim itu kafir?” tanya Deddy di awal video.

Ekspedisi Mudik 2024

Deddy sendiri yang merasa tidak menguasai pengertian kafir menggandeng Ustaz Wijayanto untuk membahas pengertian kafir yang sebenarnya. “Untuk seorang ustaz, apakah saya ini yang seorang Kristen Katolik adalah seorang kafir?” tanya Deddy ke Ustaz Wijayanto.

Kafir adalah orang yang menolak atas satu hal yang dikaitkan dengan agama dia. Tetapi, orang Yahudi dan Nasrani itu digolongkan sebagai ahli kitab, makanya tidak boleh diganggu apapun,” jawab Ustaz Wijayanto.

Ustaz kelahiran Solo 48 tahun yang lalu itu melanjutkan jawaban dengan menceritakan sebuah kisah nyata yang terjadi di zaman Khalifah Umar Bin Khattab. Diceritakan seorang gubernur berniat membangun masjid, namun dalam prosesnya masjid tersebut akan menggusur rumah seorang Yahudi. Khalifah Umar mengirim tulang untuk gubernur dan menyatakan sang gubernur lebih buruk dari tulang tersebut.

Dijelaskan Ustaz Wijayanto, hak hidup, hak beragama orang lain harus dihargai meski ia seorang Yahudi atau Nasrani. Seorang muslim dilarang memerangi Yahudi atau Nasrani kecuali mereka terlebih dahulu memerangi kaum muslimin.

Kembali ke pembahasan kafir, Ustaz Wijayanto menegaskan ada kesalahan mindset penyebutan kata kafir di Indonesia. “Kafir itu karena ada kesalahan mindset. Kafir itu ada beberapa macam, ada kafir Dzimmi, ada Kafir Harbi. Kafir itu orang yang berbeda, dalam arti menolak. Dalam pandangan Kristen, secara bahasa, orang Islam itu kafir,” tambah Ustaz Wijayanto.

Lebih jauh Ustaz Wijayanto menegaskan kesalahan mindset di Indonesia itu membuat seolah-olah julukan kafir itu buruk dan harus diperangi. “Kafir yang dimusuhi adalah kafir yang memusuhi, kalau dia tidak memusuhi tidak boleh dimusuhi,” tambah Ustaz Wijayanto.

Perbincangan Deddy dan Ustaz Wijayanto menjadi perbincangan warganet. Baru 24 jam diunggah, video tersebut sudah masuk ke daftar video trending Youtube. Selasa (20/6/2017) sore pukul 16.30 WIB, video tersebut sudah mendapat lebih dari 1.000 komentar, ada yang pro ada yang kontra.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya