Tutup Iklan

Bahas Rekrutmen Transparan, Jokowi Beri Bukti Anaknya Tak Lulus Tes CPNS

Debat perdana kali ini mengambil tema Hukum, Korupsi, Hak Asasi Manusia dan Terorisme, dengan panelis Guru Besar Hukum UI Hikmahanto Juwana, mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Ahli Tata Negara Bivitri Susanti dan Margarito Kamis. Debat akan dipandu oleh moderator penyiar Ira Kusno dan Imam Prayitno.

Bahas Rekrutmen Transparan, Jokowi Beri Bukti Anaknya Tak Lulus Tes CPNS

SOLOPOS.COM - Jokowi dan Prabowo. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA - Debat Pertama Capres-Cawapres 2019 Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno, Kamis (17/1/2019), berlanjut di tema Korupsi. Dua pertanyaan yang dilontarkan berkutat di persoalan membereskan birokrasi untuk menekan terjadinya korupsi.

"Prinsipnya, rekruitmen berbasis kompetensi, bukan finansial dan nepotisme. Oleh sebab itu, rekruitmen harus dilakukan transparan sederhana, dan dilakukan dengan aturan jelas," kata Jokowi menyambut pertanyaan moderator sebagaimana pantauan Solopos.com dalam siaran langsung di sejumlah tv swasta nasional, Kamis malam WIB.

Jokowi lantas melanjutkan pernyataannya dengan mengatakan rekruitmen untuk jabatan politik perlu ada penyederhanaan sistem. "Sehingga pemilu murah, pejabat tidak terbebani biaya pemilu," kata Jokowi.

Selanjutnya Jokowi lantas menyinggung penyelenggaraan penerimaan aparatur sipil negara. "Fokusnya di rekruitmen yang transparan, akuntabel dan bisa semua orang lihat," kata Jokowi.

Jokowi lantas mencontohkan bagaimana anaknya tidak lulus tes ASN. "Anaksaya tidak bisa diterima karena memang tidak lulus," ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Prabowo menilai perlu ada langkah lebih konkret praktis segera. Prabowo lebih fokus pada gaji aparatur sipil untuk menghindarkan korupsi. "Kalau beliau berniat, kita harus berani," tegasnya.

Selain itu, Prabowo juga mengharapkan rekruitmen pejabat politik harus bisa dilakukan dengan lebih efisien. "Untuk tv milik rakyat, tidak perlu [politikus] banyak keluarkan uang untuk beriklan di TV," kata Prabowo.

Menanggapi Prabowo, Jokowi kembali menekankan bahwa birokrasi rekruitmen berbasis kompetensi telah terbukti.

Dilansir Antara, debat perdana kali ini mengambil tema Hukum, Korupsi, Hak Asasi Manusia dan Terorisme, dengan panelis Guru Besar Hukum UI Hikmahanto Juwana, mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Ahli Tata Negara Bivitri Susanti dan Margarito Kamis. Debat akan dipandu oleh moderator penyiar Ira Kusno dan Imam Prayitno.

Format debat Capres 2019 ini berbeda dengan debat 2014 silam. Perdebatan sudah dimulai sejak segmen satu yang dimulai dengan pemaparan visi misi kandidat. Segmen kedua dan ketiga, pertanyaan dilontarkan panelis. Sedangkan segmen keempat dan kelima adalah pertanyaan masing-masing kandidat. Keenam adalah closing statemen.

Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.

2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang.

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Cara Menanamkan Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak.

Pemerintah Dukung UMKM Banyumas dengan Dana Hibah

Pemerintah Kabupaten Banyumas menyalurkan dana pinjaman bergulir yang sudah merupakan program bantuan rutin kepada  pelaku UMKM.

Prabowo Sebut Belanja Alutsista Rp1,7 Kuadriliun Instruksi Jokowi

Menhan Prabowo Subianto menyebut Jokowi punya grand design pengadaan alutsista dengan perhitungan hingga 25 tahun untuk diwujudkan.

Sang Istri Ikut Panik, Begini Detik-Detik Christian Eriksen Kolaps di Lapangan

Pemain tengah Denmark Christian Eriksen sempat kolaps di tengah lapangan saat laga Denmark melawan Finlandia di Euro 2020.

Prabowo Buka Rahasia Mau Dipinang Jokowi Jadi Menhan

Prabowo Subianto akhirnya blak-blakan menyebut alasannya mau masuk ke Kabinet Jokowi karena ingin bekerja sama mengabdi kepentingan nasional.

8 Program Keahlian Bikin SMKN 2 Salatiga Masuk Top 1.000

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Salatiga punya delapan program keahlian yang mengantarkan sekolah ini masuk Top 1.000 sekolah terbaik nasional.