Tutup Iklan

Bahas Amdal Tol Solo-Jogja, Saluran Irigasi Klaten Jadi Sorotan

Isu saluran irigasi di Kabupaten Klaten menjadi sorotan dalam pembahasan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan atau Amdal Tol Solo-Jogja.

Bahas Amdal Tol Solo-Jogja, Saluran Irigasi Klaten Jadi Sorotan

SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek tol (Solopos.com/Muhammad Ferri Setiawan).

Solopos.com, KLATEN – Isu saluran irigasi di Kabupaten Klaten menjadi sorotan dalam pembahasan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan atau Amdal Tol Solo-Jogja. Pemkab berharap keberadaan jalan tol tak mematikan saluran irigasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, mengatakan pelaksana pembangunan jalan tol Solo-Jogja wajib mencermati saluran irigasi pertanian. Hal ini penting guna menunjang musim tanam para petani di Kabupaten Bersinar.

“Dalam sosialisasi itu, banyak membahas tentang saluran irigasi. Jika ada saluran irigasi yang akan terpotong, nantinya seperti apa? Prinsipnya, fungsi aliran air yang ada jangan dikurangi meski pada akhirnya akan ada penggabungan saluran irigasi. Jangan sampai jalan tol itu mematikan saluran irigasi,” kata Jaka Sawaldi, saat ditemui wartawan di kompleks Setda Klaten, Rabu (17/6/2020).

Ganggu Kenyamanan Pesepeda di Karanganyar Bakal Ditertibkan

Sekda menjelaskan pembangunan jalan tol Solo-Jogja juga berdampak pada berkurangnya lahan pertanian di Klaten. Kendati demikian, ia optimistis hal itu tak mengganggu produktivitas padi Klaten.

“Klaten akan tetap menjadi daerah penyangga pangan nasional,” ujar dia.

Hal senada juga disampaikan Pelaksana Tugas (PLt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Sudiyarsono. Ia mewanti-wanti kepada tim Pemprov Jateng agar memperhatikan saluran air di dalam tanah.

“Jangan sampai pembangunan jalan tol Solo-Jogja mengganggu air di dalam tanah juga. Seperti diketahui, di Klaten itu banyak umbul. Artinya di dalam tanah, ada saluran airnya juga. Nantinya, pendirian fondasi jangan mengganggu air di dalam tanah itu juga,” tutur dia.

Satu Lagi PDP di Ponorogo Meninggal Dunia

Pertahankan Jalur Evakuasi

Kepala Desa (Kades) Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Aris Sumarno, mempertanyakan saluran air yang akan dihidupkan atau dimatikan dalam proyek jalan tol Solo-Jogja. Di samping itu, juga mempertanyakan eksistensi jalan yang menjadi poros desa.

“Jalur evakuasi yang sudah ada mohon tetap dipertahankan,” kata Aris.

Sosialisasi Amdal Tol Solo-Jogja itu itu diikuti sebanyak 50 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Klaten. Sosialisasi itu menghadirkan pembicara dari Pemprov Jateng dan pejabat pembuat komitmen (PPK) jalan tol Solo-Jogja.

Kegiatan itu digelar secara virtual di sejumlah kantor pemerintahan. Beberapa di antaranya di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten, Kecamatan Jogonalan, dan Kecamatan Delanggu. Selama mengikuti sosialisasi, para peserta tetap diminta memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

Mantul! Sragen Punya 5 Bilik Tes Swab

Berita Terkait

Berita Terkini

Selamat, Warga Gemolong Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.

Rumah Sakit Kritis di Tengah Kasus Aktif Tertinggi

Sejumlah rumah sakit di Klaten akan menambah tempat tidur menyusul kondisinya yang mulai kritis, Kasus aktif Covid saat ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi.

Varian Delta Disebut Lebih Cepat Menular, Ini Penjelasannya

Varian delta disebut menimbulkan gejala sakit kepala, tenggorokan dan pilek hingga flu berat.

Pengusaha Wonogiri Siap Berkolaborasi Atasi Kemiskinan

Para pengusaha di Kabupaten Wonogiri siap berkolaborasi mengatasi kemiskinan sesuai bidang usaha masing-masing.

Bekas Lahan Perusahaan Serat Terbesar Wonogiri Kini Ditanami Palawija

Saat ini, sudah tidak ada lagi warga Desa Wonoharjo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, yang memproduksi serat. Padahal, dulu ada perusahaan serat terbesar di situ.

Pemkab Sukoharjo Buka 827 Lowongan CPNS dan PPPK 2021

Sebanyak 827 formasi CPNS dan PPPK akan dibuka Pemkab Sukoharjo dalam rekrutmen pegawai pada 2021.

Perlukah Memberikan Suplemen untuk Anak? Ini Penjelasannya

Tak sedikit orang tua merasa bimbang perlukah memberikan suplemen untuk anak demi pemenuhan nutrisi mereka.

Buah Kesemek Khas Selo Boyolali, Direndam 6 Hari Baru Bisa Dikonsumsi

Petani Selo Boyolali mulai memanen buah kesemek yang merupakan buah khas setempat. Buah tersebut oleh masyarakat setempat kerap disebut dengan kledung.