SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, PANGKALPINANG — Istana menjawab ancaman Bahar bin Smith terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dia tuding melakukan ketidakadilan hukum. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan terdakwa kasus penganiayaan remaja itu masih perlu belajar lagi.

Seperti diketahui, Bahar mengancam Presiden Jokowi atas proses hukum yang dia terima. Bahar merasa proses hukumnya merupakan bentuk ketidakadilan.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Saya pikir itu tidak tepat bahwa seolah-olah presiden yang melakukan law enforcement, itu perlu belajar lagi itu Smith itu, bukan begitu. Bahwa semua persoalan hukum itu ada yang menangani. Presiden sama sekali tidak pernah intervensi atas persoalan-persoalan hukum,” kata Moeldoko di Pangkalpinang, Kamis (14/3/2019).

Jokowi, ujar Moeldoko, sama sekali tidak melakukan intervensi atau ikut campur atas proses hukum yang dijalani oleh Bahar. Dengan demikian, tudingan Bahar sama sekali tidak tepat.

Bahar bin Smith didakwa melakukan penganiayaan terhadap Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi. Bahar menjalani sidang jawaban atas eksepsi yang diajukan pihak Bahar pekan lalu, di Gedung Arsip dan Perpustakaan, Kota Bandung, Kamis (14/3/2019).

“Sampaikan ke Jokowi, tunggu saya keluar,” ungkap Bahar saat keluar ruangan sidang sambil dikawal ketat aparat keamanan.

Dalam dakwaan, Bahar dijerat pasal berlapis yakni Pasal 333 ayat 1 dan/atau Pasal 170 ayat 2 dan/atau Pasal 351 ayat 1 juncto Pasal 55 KUHP. Jaksa juga mendakwa Bahar dengan Pasal 80 ayat (2) jo Pasal 76 C UU No 35/2014 tentang Perubahan atas UU No 23/2002 tentang Perlindungan Anak.

Sebelum kasus penganiayaan remaja itu muncul, Bahar memicu kontroversi karena ceramahnya yang menyebarkan ujaran kebencian kepada Jokowi. “Kamu kalau ketemu Jokowi, kalau ketemu Jokowi, kamu buka celananya itu, jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu,” kata Bahar dalam sebuah ceramah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya