SOLOPOS.COM - Elpiji 3 kg (Dok/JIBI/Solopos)

Bahan bakar elpiji ukuran 3 kg pasokannya ditambah oleh Pertamina.

Solopos.com, SOLO—Konsumsi elpiji 3 kg naik 7% jika dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal hingga arus balik. PT Pertamina Marketing Operastion Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) bahkan menambah pasokan sekitar 3% sehingga ada tambahan 8% pada bulan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Area Manager Communication and Relations PT Pertamina JBT, Suyanto, mengatakan berdasarkan data hingga Jumat (15/7), penyaluran elpiji 3 kg sebanyak 3.167 MT atau naik sekitar 7% dari rata-rata harian normal (Januari-Mei).

Namun untuk konsumsi elpiji 12 kg mengalami penurunan sekitar 4% dari rata-rata konsumsi harian normal menjadi 204 MT. Menurut dia, penurunan paling banyak terjadi untuk elpiji 50 kg dan elpiji bulk (curah).

“Di sisi lain, bright gas kemasan 5,5 kg yang mulai dipasarkan sekitar sebulan terakhir mengalami kenaikan penyaluran sekitar 52%,” ujar Suyanto kepada Solopos.com, Senin (18/7/2016).

Kepala Bidang (Kabid) Elpiji 3 Kg Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Soloraya, Agustinus Adhitya P., mengakui sebelum Lebaran pasokan elpiji 3 kg sempat menipis di beberapa wilayah. Namun setelah dikomunikasikan dengan Pertamina dan respons cepat yang diberikan, kondisi kembali normal.

Sebelumnya, Juli ini ada penambahan pasokan elpiji 5% dari alokasi normal atau 293.222 tabung kemudian ditambah lagi sekitar 3% untuk mengantisipasi adanya kelangkaan. Bahkan menurut dia, saat Lebaran distribusi gas melon hanya libur satu hari.

Kabid Elpiji 12 Kg, Tien Suprapto, mengungkapkan bright gas 5,5 kg cukup diminati masyarakat. Dia menyampaikan elpiji jenis baru ini tidak hanya diminati oleh konsumen elpiji 12 kg tapi juga konsumen elpiji 3 kg. Namun diakuinya hingga saat ini masih meraba pasar untuk elpiji 5,5 kg.

Dia menjelaskan konsumen bisa menukarkan dua tabung kosong elpiji 3 kg dengan tabung bright gas 5,5 kg plus isi dengan membayar Rp99.500. Konsumen juga bisa menukarkan tabung elpiji 12 kg dan bright gas 12 kg juga bisa ditukarkan bright gas 5,5 kg tanpa tambahan biaya.

“Tabung bright gas 5,5 kg hanya tersedia satu warna, yakni merah muda dengan harga Rp57.500/tabung. Permintaan cukup baik untuk produk baru, beberapa juga sudah ada yang membeli isi ulang. Harapannya masyarakat mampu yang masih menggunakan elpiji 3 kg bisa beralih ke bright gas 5,5 kg,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya