SOLOPOS.COM - Ilustrasi BBM Pertalite. (Dok. JIBI/Bisnis)

Bahan bakar minyak (BBM) jenis petalite telah mulai dijual ke pasaran.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Himpunan wiraswasta minyak dan gas bumi (Hiswana Migas) Jawa Tengah siap memasarkan pertalite seiring dengan gencarnya uji pasar yang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Hingga saat ini sudah ada beberapa SPBU yang menjual dan dalam waktu dekat ada beberapa lagi yang siap,” kata Wakil Ketua Hiswana Migas Jateng Trianto Cahyo Legowo di Semarang, Selasa (18/8/2015).

Menurutnya, untuk SPBU yang siap menjual pertalite biasanya sudah memiliki infrastruktur yang sesuai di antaranya tangki timbun dan pipanisasi.

“Dari sisi perubahan pipanisasi sendiri memerlukan waktu, belum lagi yang tidak memiliki tangki lain. Kalau yang memiliki tangki timbun mencukupi maka tidak akan masalah,” katanya.

Sedangkan bagi SPBU yang tidak memiliki tangki timbun namun ingin menjual pertalite maka perlu ada perubahan atau penambahan.

“Jika di SPBU tersebut ada tanah yang bisa dibangun tangki timbun maka bisa melakukan penambahan. Tetapi memang sekarang ini masih diutamakan SPBU yang sudah siap khususnya dari sisi infrastruktur,” katanya.

Trianto mengatakan, investasi yang dibutuhkan untuk penambahan infrastruktur pertalite mulai dari tangki timbun hingga pipanisasi mencapai Rp100 juta.

“Itu sudah termasuk pemetaan, tetapi kalau untuk dispenser biasanya mengurangi dispenser yang sudah ada, misalnya dispenser yang sebelumnya digunakan untuk penjualan premium,” katanya.

Meski membutuhkan investasi yang tidak sedikit, selama banyak diminati oleh masyarakat, pengusaha SPBU tidak akan keberatan untuk ikut melakukan penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya