Ilustrasi Pesawat Lion Air (Airline Ratings)

Solopos.com, SOLO - Manajemen maskapai penerbangan Lion Air Group menunda kebijakan penghapusan bagasi cuma-cuma (free baggage allowance/FBA) yang semestinya diberlakukan mulai Selasa (8/1/2019). Padahal kebijakan ini baru diumumkan lima hari sebelumnya atau 3 Januari 2019.

Dalam pengumuman tersebut dijelaskan kebijakan bagasi berbayar ini berlaku bagi penumpang Lion Air maupun Wings Air untuk seluruh rute domestik. Station Manager Lion Air Bandara Adi Soemarmo, Aditya Yudha, menyebut kebijakan penghapusan bagasi cuma-cuma untuk penumpang Lion Air dan Wings Air ini ditunda lagi sampai batas waktu yang belum ditentukan.

 “Ya, kebijakan ini ditunda dulu sampai batas waktu yang belum ditentukan. Tahapnya sekarang sosialisasi, biar penumpang kami beritahu dulu dan siap jika suatu saat dengan kondisi ini [bayar bagasi],” kata dia kepada Solopos.com, Selasa.

 Menurut dia, kebijakan tersebut dinilai tempo pemberitahuannya sangat singkat. Dengan demikian, perlu adanya penundaan agar para penumpang lebih paham. Di sisi lain, banyak hal yang harus dipersiapkan dalam aturan baru nanti. Selain itu, hal ini berasal langsung dari pusat (bagasi bayar) sehingga manajemen di masing-masing daerah tinggal melaksanakan.

 Yudha mengklaim belum ada komplain masuk perihal kebijakan baru ini, tapi lebih banyak berupa pertanyaan soal bagasi yang dulu gratis menjadi berbayar. Sebelumnya, para penumpang Lion Air bisa mendapatkan bagasi cuma-cuma atau gratis sebesar 20 kg, sementara penumpang Wings Air bagasi gratis hingga 10 kg.

 Manajemen Lion Group mengeluarkan kebijakan penghapusan bagasi cuma-cuma tertanggal 3 Januari 2019 lalu. Aturan ini diberlakukan mulai 8 Januari 2019 untuk penumpang seluruh rute domestik Lion Air dan Wings Air. Namun demikian, bagi penumpang yang issued/booking tiket sebelum 8 Januari tetap mendapat bagasi cuma-cuma.

 Namun demikian, saat Solopos.com memesan tiket melalui online travel agent (OTA) Traveloka dengan rute Solo–Jakarta (SOC–CGK) dengan Lion Air untuk penerbangan Rabu (23/1), kebijakan bagasi berbayar sudah berlaku. Dalam OTA ini calon penumpang diberi pilihan pembayaran bagasi sesuai berat. Untuk rute ini, bagasi 5 kg penumpang senilai Rp65.000, 10 kg Rp130.000, 15 kg Rp195.000, dan 20 kg Rp260.000.

Namun, pihak Lion Air memastikan bagasi berbayar belum berlaku. “Memang di sistem ditampilkan prepaid bagasi, tapi nanti saat issued tiket tetap free,” imbuh Yudha.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten