SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Rinto, seorang ayah dari dua putra bercita-cita ingin bisa menjadi orangtua yang bisa mendampingi anaknya saat si Sulung mendapatkan menstruasi pertama. Ternyata keinginan pria asal Sleman ini benar-benar terjadi.

Saat istrinya tengah tugas ke luar negeri, Lintang, anak pertamanya mendapat haid untuk yang pertama kali. Jika Anda berada dalam posisi Rinto, apa yang akan dilakukan?

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Berikut tips menghadapi menstruasi pertama sang anak.

1. Jangan panik

Meski soal menstruasi bukan hal yang Anda ketahui dengan pasti, hal terpenting adalah beri ketenangan kepada putri Anda. Kalau Anda panik, maka kondisi hormonal anak yang juga sedang bergejolak bisa ikut panik juga.

2. Minta anak ke kamar mandi

Arahkan anak untuk membersihkan diri. Kalau dia tak sempat membaca celana ganti tak ada salahnya Anda ambilkan.

3. Carikan pembalut

Ini juga bukan perkara simpel untuk kaum pria. Tapi coba cari apakah di lemari istri masih ada persediaan. Jika ada, ambilkan dan serahkan kepada anak. Beri instruksi secara perlahan bagaimana cara memasangkannya. Tanya apakah ada perekat pada pembalut yang Anda berikan kepada anak, lantas minta si anak merekatkannya seperti memasang penutup luka pada celana dalam anak yang bersih.

4. Bersihkan CD

Jangan lupa, sebelum anak ke luar kamar mandi untuk membilas noda darah menstruasi yang melekat pada celana dalam yang tadi ia pakai.

5. Beri selamat

Selintas ini tidak nyambung, tapi ketika Anda memberikan selamat kepada putri Anda dan mengatakan kalau dia sudah mulai lebih dewasa, anak akan merasakan pengakuan pertama dari orang terdekatnya.

Ucapan selamat itu juga menjadi pintu masuk bagi Anda mendiskusikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan putri Anda setelah memasuki fase menstruasi ini. Tentu saja, ini tak bisa dilakukan sekaligus. Masih akan banyak tahap lainnya, yang bisa kita bicarakan dalam tulisan selanjutnya. salam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya