Bagaimana Hukum Makan Setelah Wudu? Ini Penjelasannya

Lalu bagaimana sejatinya hukum makan setelah wudu?

 Ilustrasi wudu. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wudu. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebagai orang Islam tak jarang ingin makan atau minum padahal sudah bersuci, lalu bagaimana sejatinya hukum makan setelah wudu? Agar tidak ragu, simak ulasannya berikut ini.

Kegiatan bersuci sebelum salat ini salah satu tujuannya guna menghilangkan sisa makanan yang tertinggal dalam mulut. Sehingga, dengan bersuci sebelum salat akan menjadi sempurna serta terhindar dari kekhawatiran.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Dikutip dari kanal  Youtube Kun Ma Alloh, Rabu (10/8/2022), Ustaz Abdul Somad juga pernah membahas topik hukum makan setelah wudu. Ustaz  disebutkan tidak membatalkan wudu selama tidak mengandung lemak. Ada juga hadis yang menegaskan bahwa orang yang makan daging unta, disyariatkan untuk kembali bersuci.

Antara lain hadis dari Jabir bin Samurah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Apakah saya harus berwudhu karena makan daging kambing?”

Nabi bersabda “Jika kamu ingin silahkan berwudhu, boleh juga tidak wudhu. Kemudian sahabat bertanya lagi, “Apakah saya harus berwudhu karena makan daging unta?”

Baca Juga: Hukum Cat Rambut Hitam dalam Islam, Boleh atau Tidak?

Nabi bersabda: “Yaa, berwudhulah karena memakan daging unta.”(HR. Ahmad 21358, Muslim 828, dan yang lainnya).

Ustadz Abdul Somad juga menambahkan, jika minuman itu mengandung lemak misalnya susu, santan dan cendol, hendaknya kita berkumur-kumur menggunakan air putih.

Seperti dikutip dari Ensiklopedi Shalat Jilid 1, hal tersebut didasarkan pada sabda Nabi SAW yang berbunyi “Berwudhulah kalian karena memakan sesuatu yang tersentuh oleh api.”

Hal ini kemudian ditegaskan dari hadits Ibnu ‘Abbas, ‘Amr bin Umayyah dan Abu Rafi’, bahwa Nabi SAW pernah memakan daging yang tersentuh api, kemudian beliau salat dengan tidak berwudhu lagi. Hal demikian menunjukkan disunnahkan wudhu karena memakan makanan yang tersentuh api.

Baca Juga: Bolehkah Muslimah Berdandan Pakai Make Up Setelah Wudu?

Syekh Ibnu Baz menambahkan, “Berkumur dianjurkan (untuk menghilangkan) bekas makanan. Dan sisa (makanan) yang ada di gigi anda tidak mengapa dalam hukum salat.

Akan tetapi jika yang dimakan adalah daging unta, maka kamu harus berwudhu sebelum salat, karena daging unta termasuk pembatal wudu.” (Majmu Fatawa Ibnu Baz, 29/52).

Dikutip dari kanal YouTube Kunang-Kunang, Rabu (10/8/2022), Ustadz Adi Hidayat menjelaskan makan setalah wudu tidaklah membatalkan wudu.

Hanya saja, dalam hadits tersebut Rasulullah  menyebut, pengecualian untuk daging unta. Kalau makan daging unta, maka wudunya dianggap batal dan harus mengambil wudu lagi sebelum mengerjakan salat atau ibadah-ibadah yang lain. “Maka berwudulah ketika Anda makan unta. Orang-orang tekstual menafsirkan hanya makan unta yang diharuskan berwudu. Namun jika dipahami secara kontekstual makanan-makanan yang memiliki bau seperti unta, yang sekiranya menghasilkan bau tidak sedap seperti petai dan jengkol, maka diharuskan berwudu,” paparnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Polisi dan TNI Viral di Twitter

      Anak korban tragedi Kanjuruhan dan korban tendangan TNI viral di Twitter setelah ditawari menjadi polisi hingga anggota TNI.

      Arti Mimpi Vampir yang Harus Kalian Waspadai

      Ada sejumlah arti mimpi terkait vampir.

      Obat Kuat yang Aman Dikonsumsi, Sebaiknya Konsultasi ke Dokter

      Untuk mengetahui obat kuat yang aman dikonsumsi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

      Kenali Gejala Infeksi Paru-Paru seperti Diidap Chris Martin

      Gejala infeksi paru-paru bisa berbeda pada setiap orang, tergantung penyebab, usia, hingga riwayat kesehatan penderitanya.

      Hukum Minum Obat Kuat dalam Islam Ternyata Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya!

      Ternyata minum obat kuat dalam Islam diperbolehkan, tetapi ada syarat dan ketentuannya menurut Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Ora Lanang Ora Wedok, Mengenal Frasa Gender Netral

      Gender netral alias non-binary alias non biner istilah yang dipakai untuk menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya secara eksklusif sebagai laki-laki atau perempuan alias ora lanang dan ora wedok. 

      Foto Profil Instagram Gibran Bikin Heboh Lagi, Netizen: Ada Masalah Apa to Mas

      Foto profil di akun Instagram resmi Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi sorotan dengan menampilkan background Upin & Ipin.

      Kumpulan Kata-kata untuk Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

      Berikut ini terdapat kumpulan kata-kata yang bisa digunakan untuk ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober 2022.

      Bahaya Obat Kuat Tradisional Ilegal, Bisa Sebabkan Kematian

      Kemudahan akses membeli barang melalui online juga berimbas pada pembelian obat tradisional termasuk penjualan produk obat di bawah standar BPOM.

      Arti Mimpi Melihat Alien Tak Seburuk yang Dibayangkan

      Berikut ini sejumlah arti melihat alien.

      Simak Nih Beda Hotel Melati dan Berbintang

      Agar tidak salah pilih tempat akomodasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beda hotel melati dan berbintang.

      Waspadai Efek Samping Obat Kuat

      Meski dapat membantu menggairahkan kehidupan seksual pasutri, mengonsumsi obat kuat pria memiliki beberapa efek samping yang harus diwaspadai.

      Tips Liburan ke Jepang di Tengah Pandemi Covid

      Demi kepentingan pariwisata, Jepang akan membuka perbatasannya dengan negara luar mulai 11 Oktober 2022 mendatang. 

      Ini Manfaat Tidur dengan Kucing

      Seperti memelihara hewan, tidur dengan kucing juga memiliki segudang manfaat.

      Ketahui Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

      Ada sejumlah makanan pantangan ibu hamil.