Bagaimana Hukum Jual Beli Emas Online? Ini Penjelasan Buya Yahya

Berikut ini hukum jual beli emas online yang baru menjadi tren belakangan ini.

 Emas. (Bisnis.com)

SOLOPOS.COM - Emas. (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Jual beli emas yang dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring) menjadi tren belakangan ini. Fenomena tersebut membuat sebagian umat Islam bertanya-tanya apa hukum jual beli emas online.

Seperti diketahui, transaksi jual beli emas via online dapat dijumpai di sejumlah situs. Jual beli emas dengan online dianggap mempermudah orang karena dapat dilakukan di mana saja.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon Buya Yahya pernah memaparkan hukum jual beli emas lewat daring tersebut. Menurutnya, para ulama menyepakati emas dan uang masuk dalam hukum naqdain.

Baca Juga: Tahukah Anda? Hukum Salat Berjemaah dengan Perempuan yang Bukan Mahram

Dengan hukum tersebut maka transaksi emas dan serah terima barang dilalukan secara langsung. “Kalau ada orang transaksi perak dengan emas atau emas dengan uang maka di situ harus ada namanya serah terima,” kata Buya Yahya seperti di video Youtube Al-Bahjah TV berjudul Hukum Jual Beli Emas Online – Buya Yahya Menjawab, yang diunggah Juli 2020.

Mengenai hukum jual beli uang dan emas, Buya menjelaskan pembeli dan penjual harus mengucapkan secara kontan. Buya menambakan bahwa transaksi dan serah terima barang harus dilakukan secara langsung.

Buya Yahya menambahkan apabila ucapan kontan tidak disertai serah terima barang secara langsung, maka transaksi itu dapat dikatakan riba. Ada sejumlah jenis riba seperti yad dan nasi’ah. Riba yad ialah menunda pembayaran pembelian, sementara barang sudah diambil.

Nasi’ah dianggap riba karena di dalam transaksinya tidak secara kontan. Pembayaran jual beli ini dapat ditunda hingga waktu yang ditentukan. Buya menegaskan ulama 4 mazhab menyepakati bahwa kredit emas tidak diperbolehkan menurut ajaran Islam. Hal itu mengacu pada sistem pembayaran yang  ditunda.

Baca Juga: Ramai Diperbincangkan, Ini Hukum Wayang Dalam Islam Menurut Ulama

Berdasarkan penjelasan Buya Yahya, dapat disimpulkan bahwa jual beli emas secara online atau daring tidak diperbolehkan. Sebab, transaksi emas seperti uang dengan hukum naqdain. Hukum ini mengharuskan untuk melakukan transaksi secara kontan dan serah terima barang dilakukan secara langsung. Sementara jual beli online tidak ada serah terima langsung atau menunda.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Polisi dan TNI Viral di Twitter

      Anak korban tragedi Kanjuruhan dan korban tendangan TNI viral di Twitter setelah ditawari menjadi polisi hingga anggota TNI.

      Arti Mimpi Vampir yang Harus Kalian Waspadai

      Ada sejumlah arti mimpi terkait vampir.

      Obat Kuat yang Aman Dikonsumsi, Sebaiknya Konsultasi ke Dokter

      Untuk mengetahui obat kuat yang aman dikonsumsi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

      Kenali Gejala Infeksi Paru-Paru seperti Diidap Chris Martin

      Gejala infeksi paru-paru bisa berbeda pada setiap orang, tergantung penyebab, usia, hingga riwayat kesehatan penderitanya.

      Hukum Minum Obat Kuat dalam Islam Ternyata Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya!

      Ternyata minum obat kuat dalam Islam diperbolehkan, tetapi ada syarat dan ketentuannya menurut Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Ora Lanang Ora Wedok, Mengenal Frasa Gender Netral

      Gender netral alias non-binary alias non biner istilah yang dipakai untuk menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya secara eksklusif sebagai laki-laki atau perempuan alias ora lanang dan ora wedok. 

      Foto Profil Instagram Gibran Bikin Heboh Lagi, Netizen: Ada Masalah Apa to Mas

      Foto profil di akun Instagram resmi Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi sorotan dengan menampilkan background Upin & Ipin.

      Kumpulan Kata-kata untuk Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

      Berikut ini terdapat kumpulan kata-kata yang bisa digunakan untuk ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober 2022.

      Bahaya Obat Kuat Tradisional Ilegal, Bisa Sebabkan Kematian

      Kemudahan akses membeli barang melalui online juga berimbas pada pembelian obat tradisional termasuk penjualan produk obat di bawah standar BPOM.

      Arti Mimpi Melihat Alien Tak Seburuk yang Dibayangkan

      Berikut ini sejumlah arti melihat alien.

      Simak Nih Beda Hotel Melati dan Berbintang

      Agar tidak salah pilih tempat akomodasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beda hotel melati dan berbintang.

      Waspadai Efek Samping Obat Kuat

      Meski dapat membantu menggairahkan kehidupan seksual pasutri, mengonsumsi obat kuat pria memiliki beberapa efek samping yang harus diwaspadai.

      Tips Liburan ke Jepang di Tengah Pandemi Covid

      Demi kepentingan pariwisata, Jepang akan membuka perbatasannya dengan negara luar mulai 11 Oktober 2022 mendatang. 

      Ini Manfaat Tidur dengan Kucing

      Seperti memelihara hewan, tidur dengan kucing juga memiliki segudang manfaat.

      Ketahui Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

      Ada sejumlah makanan pantangan ibu hamil.