SOLOPOS.COM - Pengendara melintasi Jalan Solo (timur Plaza Ambarrukmo) yang tergenang air karena hujan yang terus turun, Selasa (28/11/2017). (Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Angin kencang sebabkan  23 titik pohon tumbang di DIY

Harianjogja.com, JOGJA-Siklon Tropis Cempaka memberikan dampak berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta,  Jawa Timur, dan Bali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Pusdalops BPBD DIY Danang Samsurizal mengatakan, dari hasil analisis terhadap terjadinya Badai Cempaka mengakibatkan terjadianya beberapa kejadian dari Senin (27/11/201) hingga Situsional Report (Sitrep) diturunkan, Selasa (28/11/2017) per pukul 11.00 WIB.

Potensi kejadian yang terjadi yakni angin kencang di mana ada 23 titik pohon tumbang di DIY. Sebarannya, satu titik di Jogja, tiga titik di Bantul, enam titik di Kulonprogo, satu titik di Gunungkidul, dan 12 titik di Sleman. Pohon yang tumbang menimpa jaringan listrik dan rumah warga. Namun, tidak ada korban jiwa.

Selain itu, terjadi pula longsor di tujuh titik di wilayah DIY yang tersebar di Bantul tiga titik, Kulonprogo satu titik, Gunungkidul satu titik, dan Sleman dua titik. Longsor menimpa rumah dan pondok pesantren di Kulonprogo. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi tiga santri alami luka ringan.

Baca juga : Banjir Landa Beberapa Wilayah Tanjungsari, Mana Saja?

Badai Cempaka juga memicu banjir yang terjadi di dua titik di wilayah Gunungkidul. Dua fasilitas pendidikan yakni SMK Pelayaran 1 Tanjungsari dan SMPN 3 Saptosari tergenang sehingga mengganggu proses belajar mengajar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Tindakan yang diambil, etugas, warga, dan relawan melakukan pemotongan, pemangkasan, dan menyingkirkan pohon tumbang,” papar dia.

Adapun petugas atau lembaga Yang terlibat dalam penanganan yakni BPBD, Kepolisian, Warga masyarakat, komunitas relawan, Muspika, Pemdes, PLN, Dinsos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya