SOLOPOS.COM - HMS Bounty (news.yahoo.com)

HMS Bounty (news.yahoo.com)

WASHINGTON –  Badai Sandy menenggelamkan sebuah kapal di wilayah perairan North Carolina, Amerika Serikat (AS). Insiden ini menewaskan seorang awak kapal dan sang kapten dinyatakan masih hilang.
Sebanyak 14 awak kapal lainnya berhasil diselamatkan oleh Petugas Patroli Pantai AS. Mereka ditemukan terombang-ambing dalam kapal sekoci oleh petugas penyelamat.
Seorang wanita bernama Claudene Christian, 42, ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri terombang-ambing di perairan Samudera Atlantik. Dia sempat dilarikan ke rumah sakit setempat untuk mendapat pertolongan medis, namun nyawanya tak bisa diselamatkan.
“Seorang kru helikopter Jayhawk MH-60 dari Markas Udara Patroli Pantai Elizabeth City berhasil menemukan keberadaan Christian yang tidak sadarkan diri, kemudian mengangkatnya ke dalam helikopter dan membawanya ke Rumah Sakit Albemarle di Elizabeth City,” demikian pernyataan pihak Patroli Pantai AS, seperti dilansir Detikcom, Selasa (30/10/2012).
Para awak kapal meninggalkan kapal layar bernama HMS Bounty ini beberapa saat sebelum kapal ini tenggelam di tengah gelombang setinggi 5 meter. Pada Senin (29/10/2012) dini hari, kapal ini dibanjiri air laut dan para awak tidak mampu memompa air keluar. Mereka kemudian memutuskan meninggalkan kapal dengan menggunakan dua kapal sekoci.
Kapal ini merupakan jenis kapal layar tiga tiang dengan panjang mencapai 55 meter dan dibuat pada 1960 untuk keperluan film Mutiny on the Bounty yang dibintangi Marlon Brando. Saat insiden terjadi, kapal ini tengah berlayar ke wilayah Florida dari Connectictut. Direktur HMS Bounty Organization, perusahaan pemilik kapal ini, Tracey Simonin menyebutkan, kapal ini berangkat pekan lalu dan dijadwalkan tiba di Florida pada 10 November 2012.
Helikopter milik petugas patroli pantai AS berhasil menemukan 14 awak kapal tersebut dan kemudian menarik mereka keluar dari laut. Sedangkan korban Christian ditemukan beberapa saat kemudian. Namun sang kapten kapal, Robin Walbrigde, 63, tidak diketahui keberadaannya hingga saat ini.
Sejauh ini, jumlah korban tewas akibat Badai Sandy dahsyat di AS ini telah mencapai 13 orang, termasuk satu orang yang tewas di Toronto, Kanada. Sebelumnya Badai Sandy telah menewaskan 66 orang di Karibia, yang sebagian besar korban berada di Kuba dan Haiti. Banyak korban ditemukan tewas dalam reruntuhan bangunan yang ambruk diterjang badai. Badai juga merusak ratusan rumah dan menyebabkan lahan-lahan pertanian terendam banjir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya