Sinar matahari. (Istimewa/wikipedia)

Solopos.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Information and Communication Technology (ICT) Heru Sutadi mengungkapkan bahwa badai matahari tidak akan berdampak terhadap jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Menurutnya, badai matahari yang terjadi beberapa tahun terakhir juga tidak menyebabkan dampak negatif terhadap layanan telekomunikasi di Tanah Air. Sehingga, dia menjamin bahwa badai matahari yang akan terjadi pada besok Jumat (15/3/2019) dipastikan tidak akan berdampak apapun kepada jaringan telekomunikasi.

"Dalam beberapa tahun belakangan yang saya pantau, badai matahari belum menyebabkan dampak yang berarti dimana komunikasi masih dapat berlangsung secara wajar," tuturnya kepada Bisnis, Selasa (14/3/2019).

Heru menilai bahwa badai matahari hanya akan berdampak negatif terhadap layanan komunikasi yang menggunakan satelit. "Jadi yang harus waspada itu adalah gangguan komunikasi yang menggunakan satelit," katanya.

Sebelumnya, lembaga layanan cuaca Inggris Met Office mengungkapkan akan terjadi ledakan besar sinar kosmik dari Matahari menuju Bumi yang dikenal dengan nama Badai Matahari. 

Badai Matahari tersebut disebut-sebut dapat melumpuhkan GPS, sinyal ponsel dan TV Digital di Bumi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: