ilustrasi (News.yahoo.com/NOAA)

Solopos.com, MADRID -- Sejumlah wilayah di Spanyol diterpa badai dahsyat Gloria diiringi dengan angin kencang, hujan lebat, dan salju, Minggu (19/1/2020) waktu setempat.

Parahnya terjangan badai memaksa penutupan bandara Alicante dan menewaskan satu orang di kawasan utara Asturias.

Dilansir Reuters, Kota Valencia dan Kepulauan Baleares mengalami kerusakan paling parah akibat Badai Gloria yang kondisinya meningkat semalam dan diperkirakan bertahan setidaknya hingga Selasa (21/1/2020). Hal itu seperti diprakirakan badan cuaca nasional Aemet.

Aemet menyatakan peringatan merah di 10 provinsi di Spanyol dengan perkiraan kecepatan angin hingga 130 km/jam, ketinggian gelombang tujuh meter dan hujan salju lebat.

Sementara itu, operator bandara Aena SA melaporkan pihaknya terpaksa menutup bandara Alicante selama 24 jam sejak 12.00 GMT, mengganggu hampir 200 penerbangan.

Menurut juru bicara layanan darurat, badai Gloria juga membawa badai salju melintasi utara Spanyol.

Mengharukan, Pidato Pangeran Harry Seusai Mundur dari Kerajaan Inggris

Di Asturias, seorang pria dilaporkan meninggal setelah tertabrak kendaraan di jalanan bersalju. Media setempat melansir korban tertabrak saat memasang rantai ke mobilnya.

Sementara itu di Barcelona, otoritas memperingatkan masyarakat untuk menjauhi pantai agar terhindar tersapu ombak. Taman umum di seluruh Madrid juga ikut ditutup.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten