SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X dalam kunjungannya di Margoluwih, Seyegan pada Kamis (30/11/2017). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Semua daerah di DIY diminta untuk memasang bronjong di talut guna menahan laju air

Harianjogja.com, SLEMAN-Semua daerah di DIY diminta untuk memasang bronjong di talut guna menahan laju air. Hal ini disampaikan oleh Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X dalam kunjungannya di Margoluwih, Seyegan pada Kamis (30/11/2017).

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Kunjungan ini dilakukan untuk melakukan pengecekaan pada proses perbaikan talut Kali Krusuk yang rusak diterjang Badai Siklon Tropis Cempaka beberapa waktu lalu. Sultan menguaraikan jika keberadaan talud sangat penting guna menghadang terjangan air saat hujan deras.

“Saya berpesan pada semua kepala daerah agar segera pasang bronjong, berkaca pada fenomena alam beberapa hari ini, beberapa talut memang jebol,” katanya.

Dengan demikian, kerusakan talud bisa dihindari termasuk untuk keamanan rumah warga maupun akses jalan. Sultan juga menyampaikan jika pemerintah provinsi sudah menyiapkan sejumlah bronjong karena itu pemerintah daerah bisa segera berkoordinasi.

Sebagaimana diketahui, talut sepanjang 30 meter dengan lebar enam meter di lokasi itu ambrol akibat serangan cuaca buruk. Kerusakan talut dinilai sebagai penyebab banjir di sejumlah lokasi salah satunya yang terparah ialah di Gunungkidul.

Bupati Sleman, Sri Purnomo yang mendampingi kunjungan itu mengatakan jika kebutuhan bronjong memang cukup tinggi dan mendesak. Salah satu titik yang membutuhkan bronjong di Sleman ialah Seyegan serta Prambanan. Hanya saja dikatakan jika jumlah kebutuhannya di Sleman terbatas di beberapa titik saja.

“Prinsipnya kami akan diberi bronjong siap menerima, tinggal koordinasi saja antara provinsi dan kabupaten, akan segera dilaksanakan” katanya.

SP, demikian karib disapa, menerangkan jika kerusakan talud di wilayah Wukirharjo, Prambanan disebabkan oleh jebolnya Dam Losasri II sehingga berdampak pada kerusakan lainnya. Imbasnya ialah akses jalan menuju rumah warga juga ikut terputus.

Adapun, perbaikan pada talud di Seyegan dilakukan sejak Rabu (29/11/2017) lalu oleh DPUPKP DIY yang diawali dengan membersihkan puing talud yang ambrol. Pengerjaan kemudian dilanjutkan dengan memasang bronjong dan juga perbaikan ruas jalan yang terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya