SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) DIY mengimbau masyarakat di beberapa daerah yang rawan terjadi angin kencang

Harianjogja.com, JOGJA– Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) DIY mengimbau masyarakat di beberapa daerah yang rawan terjadi angin kencang. Untuk wilayah kota Jogja terdapat 9 titik, Bantul 67 titik, Kulonprogo 20 titik, Gunungkidul 9 titik, dan Sleman 17 titik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angin kencang tersebut berdampak pada terjadinya pohon tumbang. Indrayanto selaku Supervisor Pusdalops PB DIY mengatakan, untuk wilayah Sleman sudah terjadi 15 kasus pohon tumbang, yang paling banyak terjadi di Prambanan, yaitu antara lain desa Wukirsari dan Gayamharjo.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski begitu, daerah lain di Sleman pun harus mewaspadai adanya pohon tumbang. Terutama pada titik-titik yang rawan terjadi angin kencang. “Untuk wilayah barat, di Godean, Seyegan, Beran, dan Gemawang. Sedangkan wilayah timur di Kalasan, Prambanan, dan Berbah,” terang Indra, Rabu (29/11/2017).

Pihaknya menambahkan, daerah dengan curah hujan tinggi juga berpeluang terjadi pohon tumbang. Di Sleman, misalnya daerah Beran, Kaliurang, dan Tridadi. “Hal ini karena curah hujan kini mencapai 200 milimeter, di mana ini merupakan angka yang tinggi,” jelas dia.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai dan memantau terus informasi yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hindari pohon besar, dan baliho.

“Jika berada di luar, sebaiknya memasuki bangunan yang aman. Jika sedang dalam perjalanan, hindari menerjang angin kencang.

Masyarakat yang berada di sekitar lokasi kejadian juga diharapkan melapor ke Pusdalops PB DIY maupun TRC BPBD DIY,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya