SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandara Adisutjipto kembali beroperasi normal.

Harianjogja.com, JOGJA— Operasional Bandara Internasional Adisutjipto kembali normal setelah mengalami gangguan penerbangan selama Selasa (28/11/2017). Rabu (29/11/2017) pagi, bandara kembali dibuka kendati mundur satu jam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan, pada Rabu kemarin bandara yang sedianya dibuka pada pukul 5.50 WIB terpaksa mundur satu jam. “Bukan karena cuaca atau kondisi runway yang menggenang, tetapi karena burung. Burungnya enggak separah yang pertama. Kelasnya sekarang Cang Awu dan Kuntul Kerbau jadi yang besar-besar,” tutunya, Rabu (29/11/2017).

Pandu menampik, keterlambatan operasional bandara bukan dikarenakan kondisi runway yang tergenang air sebagai akibat hujan deras. Ia menegaskan kondisi landasan udara Bandara Adisutjipto sangat bagus. “Bentuknya seperti punggung. Ketika saat kena hujan, langsung tidak ada standing water di runway,” katanya.

Badai Cempaka membuat Bandara Adisutjipto sempat ditutup sejak Selasa pagi pukul 7.30 WIB. “Kemarin kita buka tutup. Open pun paling hanya beberapa menit saja,” lanjut Pandu.

Puluhan jadwal penerbangan terganggu sehingga membuat beberapa maskapai ditunda dan dialihkan. PT Angkasa Pura 1 selaku operator bandara juga sempat memberangkatkan penumpang sebanyak empat bus ke Bandara Adi Sumarmo Boyolali, untuk melakukan penerbangan dari bandara itu.

Ia mengakui, intensitas hujan yang tinggi membuat jarak pandang berkurang. Saat visibility di bawah 1.600 meter, pesawat tidak diperbolehkan untuk lepas landas (take off). Hal itu yang membuat terjadi penumpukan penumpang di bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya