SOLOPOS.COM - Ilustrasi/satic.com.au

Ilustrasi/satic.com.au

JAKARTA—Kreativitas bisa digali dengan berbagai cara seperti memperluas jaringan pertemanan atau mengubah pola pikir. Namun baru-baru ini sebuah studi mengungkapkan kreativitas juga bisa diperoleh dengan kegiatan di alam terbuka seperti backpacking dan mendaki gunung, asalkan gadget-gadget andalan Anda ditinggal di rumah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut studi ini, backpacking atau beraktivitas di alam terbuka selama empat hari tanpa memanfaatkan laptop, iPhone atau perangkat berteknologi tinggi lainnya disinyalir dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah secara kreatif hingga 50 persen.

Ekspedisi Mudik 2024

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti mengamati 30 pria dan 26 wanita (dengan usia rata-rata 28 tahun) yang berpartisipasi dalam Outward Bound atau sekelompok yang melakukan ekspedisi kepemimpinan untuk generasi muda dan orang dewasa ke penjuru Alaska, Colorado, Maine dan Washington, AS.

Sebelum pendakian dimulai, 24 partisipan menjalani Remote Associates Test yang biasanya digunakan untuk menilai tingkat kreativitas seseorang. Sedangkan 32 partisipan lainnya baru menjalani tes yang sama setelah pendakian selesai.

Hasilnya, partisipan yang menjalani tes sebelum mendaki rata-rata bisa menjawab 4 dari 10 pertanyaan yang diberikan peneliti dengan tepat. Namun partisipan yang menjalani tes empat hari setelah mendaki bisa menjawab 6 dari 10 pertanyaan.

Meski tampaknya perbedaan dua jawaban itu tak begitu signifikan, nyatanya kondisi ini justru menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah partisipan hingga 50%.

“Alam tampaknya bisa dijadikan salah satu cara paling efektif untuk menenangkan pikiran seseorang dan meningkatkan pemikiran kreatifnya, termasuk mengesampingkan rasa khawatir yang dimilikinya,” ungkap peneliti David Strayer, profesor psikologi dari University of Utah.

“Rangsangan dari pepohonan, sungai, burung dan angin terbukti jauh lebih lembut daripada gemuruh suara klakson mobil, ponsel dan segala tetek-bengek kehidupan modern. Tak heran jika orang-orang yang berada di alam terbuka merasa tak begitu terganggu sehingga kreativitasnya dapat meningkat,” pungkasnya seperti dilansir detikcom dari myhealthnewsdaily, Jumat(14/12/2012).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya