SOLOPOS.COM - Ilustrasi jagung (JIBI/Solopos/Dok.)

Babinsa di Gunungkidul diterjunkan untuk membantu panen petani

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Petani Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang didampingi personel Komando Distrik Militer 0730 mulai memasuki masa panen jagung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dandim 0730 Gunungkidul Letkol Inf Priyanto, Selasa (16/2/2016), mengatakan Badan Pembina Desa (Babinsa) diterjunkan di setiap desa untuk membantu masyarakat mengolah lahan pertanian untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

“Personel Babinsa sengaja diterjunkan untuk membantu petani,” kata Priyanto, seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan pendampingan mulai dari pembibitan, pengolahan lahan sampai penanaman dan panen. Di Desa Kemadang sebagian lahan pertanian ditanami oleh jagung.

Babinsa juga melakukan pendampingan petani dalam menanam padi. Pendampingan ini bertujuan meningkatkan produksi hasil pertanian.

“Kami terus melakukan pendampingan agar produksi pertanian meningkat,” katanya. Priyanto mengatakan pendampingan anggota TNI terhadap petani sesuai dengan program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan. Sebelumnya para babinsa sudah diberikan pelatihan tentang pertanian, juga membuat tanaman percontohan.

“Salah satunya penanaman padi di Kecamatan Karangmojo,” kata dia.

Salah seorang petani Hadi Sukiyo mengatakan satu hektare lahan miliknya mampu menghasilkan 5,7 ton jagung pipil kering. Jagung yang ditanam jenis hibrida.

“Hasil panen jagung tahun ini meningkat dibandingkan panen sebelumnya,” katanya.

Dia berharap ke depan TNI melakukan pendampingan sehingga hasil tanaman bisa meningkat setiap tahunnya. “Semoga setiap tahun meningkat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya