SOLOPOS.COM - Timnas Aljazair, satu dari 16 tim yang berhasil lolos dari fase grup. JIBI/Reuters/Dokumen

Solopos.com, SOLO — Fase grup Piala Dunia 2014 akhirnya tuntas digelar, Jumat (27/6/2014). Setelah menuntaskan 48 pertandingan, sebanyak 16 negara memastikan langkahnya melaju ke fase knokcout pertama.

Negara terakhir yang memastikan mendapat tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 ini adalah Aljazair. Mereka berhasil lolos setelah mengimbangi Rusia dengan skor 1-1 di pertandingan terakhir Grup H. Aljazair jadi runner up dengan poin empat, sementara Belgia yang dapat nilai sempurna sembilan berhak atas posisi puncak klasemen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

• Dari Grup A: Brasil (7 poin) melangkah mulus ke fase knockout setelah mengantongi dua kemenangan dan sekali imbang. Tuan rumah ditemani Meksiko (7) yang tampil impresif setelah juga meraih dua kemenangan dan sekali imbang.

Fase Grup Piala Dunia 2014 menjadi salah satu yang paling banyak menghadirkan kejutan. Seperti dilansir laman detiksport, erdepaknya juara bertahan Spanyol di babak ini menjadi salah satu berita terbesar.
• Di Grup B, La Furia Roja, julukan Spanyol kalah bersaing dengan Belanda (9) dan Chile (6).

• Di Grup C, Kolombia menjadi juara grup dengan catatan tiga kemenangan. Menjadi runner up adalah Yunani yang meraih satu kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah.

• Grup D Sementara pada grup yang disebut-sebut sebagai nerakan ternyata justru menghadirkan mimpi buruk bagi para unggulan. Kosta Rika (7) yang diprediksi bakal jadi bulan-bulanan dan lumbung gol ternyata justru jadi pemuncak Grup D, Uruguay (6) menemani lolos di posisi kedua. Dua mantan juara dunia: Inggris (1) dan Italia (3) langsung out.

• Grup E, Prancis (7) menjadi penguasa Grup E setelah meraih dua kemenangan dan sekali imbang. Les Bleus lolos ditemani Swiss (6).

• Grup F: Dibantu oleh gol-gol Lionel Messi, Argentina (9) tampil sempurna di fase grup dengan catatan tiga kemenangan. Nigeria (4) menjadi salah satu wakil Afrika yang lolos setelah memenangi persaingan dengan Bosnia dan Herzegovina di grup ini.

•Dari Grup G, Jerman (7) berhak atas posisi teratas. Portugal (4) yang diprediksi akan lolos dari grup ini ternyata cuma bisa duduk di posisi tiga, yang membuat Amerika Serikat (4) berhak atas status runner up grup dengan keunggulan selisih gol (0:-3).

Jika dilihat dari wilayah konfederasi, CONMEBOL jadi yang paling sukses karena dari enam negara cuma Ekuador yang langkahnya terhenti. Sementara UEFA harus menelan kekecewaan besar karena tujuh wakilnya terdepak, yang membuat mereka kini cuma diwakili enam negara.

Sama seperti CONMEBOL, CONCACAF juga cuma kehilangan satu wakilnya dari fase grup yakni Honduras. Kalau CAF (Afrika) meloloskan dua negara, maka AFC (Asia) sama sekali tak bersisa. (JIBI/SOLOPOS)

• Kontestan Babak 16 Besar Piala Dunia
Grup A: Brasil, Meksiko
Grup B: Belanda, Chile
Grup C: Kolombia, Yunani
Grup D: Kosta Rika, Uruguay
Grup E: Prancis, Swiss
Grup F: Argentina vs Nigeria
Grup G: Jerman, Amerika Serikat
Grup H: Belgia, Aljazair

• Duel Babak 16 Besar*
Brasil vs Chile
Belanda vs Meksiko
Kolombia vs Uruguay
Kosta Rika vs Yunani
Prancis vs Nigeria
Argentina vs Swiss
Jerman vs Aljazair
Belgia vs Amerika Serikat

*Babak 16 besar akan dimulai Sabtu (28/6/2014) malam WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya