Para pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol. (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-19 tertinggal 0-1 dari Korea Utara dalam matchday ketiga Grup K kualifikasi AFC Cup U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (10/11/2019) malam. Indonesia sebenarnya hanya butuh gol penyeimbang untuk bisa lolos otomatis dengan status juara grup.

Melawan Korea Utara U-19, timnas Indonesia U-19 mengawali laga dengan bermain agresif. Meski menghadapi tim dari negara dengan peringkat FIFA jauh lebih tinggi, Bagus Kahfi dkk tetap menyerang seperti saat menghadapi Timor Leste dan Hong Kong.

Hasilnya, sejumlah peluang tercipta di babak pertama. Pada menit ke-8, Beckham melakukan tendangan keras ke gawang Korea Utara, namun bola tepat mendarat di tangan kiper lawan.

Peluang kembali tercipta pada menit 16. Bagus Kahfi yang melihat celah pertahanan Korea Utara dan mengirimkan umpan untuk Serdhy Ephy Fano Boky. Serdhy melepaskan tendangan ke arah gawang yang masih bisa diantisipasi kiper Korea Utara.

Korea Utara sempat memiliki peluang melalui tendangan bebas setelah Alfeandra Dewangga diganjar kartu kuning akibat mengangkat kaki terlalu tinggi untuk mengadang pemaian sayap kanan Korut. Namun eksekusi tendangan bebas itu tidak berbuah gol.

Tekanan pemain Indonesia memaksa pemain Korut untuk melakukan pelanggaran keras terhadap Rizky Ridho pada menit 29. Hasilnya, Indonesia mendapatkan hadiah tendangan bebas namun belum bisa menembus pagar hidup Korut.

Pada menit 34, peluang hampir tercipta saat Fajar Fathur dan Beckham Putra melakukan permainan satu-dua. Sayang bola tendangan Serdy terlalu lemah saat berhadapan dengan kiper Korut.

Indonesia nyaris kebobolan saat Korea Utara berhasil menembus garis terakhir pertahanan Indonesia pad amenit 38. Beruntung bola melenceng tipis di sisi kanan gawang Indonesia.

Namun petaka bagi Indonesia benar-benar terjadi saat Korea Utara melakukan serangan balik cepat pada menit 41. Sukses lepas dari pengawalan, Kapten Korut Kim Kwang Chong melepaskan tendangan keras yang tak mampu diblok oleh kiper Ernando.

Pada menit 48, Bagus Kahfi yang berupaya menusuk di sisi kiri pertahanan Korut diganjal dan terjatuh tak jauh dari kotak terlarang. Sayangnya peluang itu belum mampu melahirkan gol balasan. Hingga babak pertama berakhir, belum ada gol tambahan tercipta.

Live Streaming Indonesia U-19 Vs Korea Utara

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Ernando Ari-pg, Amiruddin Bagas, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Muhammad Salman Alfarid, Beckham Putra, Theo Numberi, David Maulana (kapten), Amiruddin Bagus, Serdy Ephy Fano.

Timnas Korea Utara U-19: Sin Kwang Guk-pg, Choe Kwang Hwi, Ri Kum Hyon, Ri Jo Guk, Kim Chol Guk, Kim Kwang Chong (kapten), Chae Yu Song, Pak Kwang Sok, Kim Ju Song, Kim Kang Song, Ra Nam Hyon.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten