SOLOPOS.COM - Ilustrasi suporter Persib Bandung. (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Persiram Rajaampat pantang keder saat dipertemukan tim tangguh Persib Bandung pada laga pembuka babak delapan besar Grup B, Inter Island Club (IIC) di Stadion Manahan Solo, Minggu (19/1) sore WIB.

Di atas kertas, kekuatan Persiram masih kalah mentereng dibandingkan Persib yang dijejali sejumlah pemain Timnas Indonesia. Meski demikian, tim asal Papua tersebut bakal tampil menyerang ketika dipertemukan dengan Maung Bandung, julukan Persib di laga perdana mereka di IIC nanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Anak-anak Papua akan tampil menyerang. Kita akan main cepat, menyerang, tanpa rasa takut,” jelas pelatih Persiram, Gomes de Oliviera, ketika dijumpai wartawan seusai memimpin anak didiknya menjajal lapangan di Stadion Manahan Solo, Sabtu (18/1) pagi.

Dewa Laut, julukan Persiram, siap menurunkan skuat terbaiknya dalam bentrok tersebut, termasuk Ortizan Solossa dan Kubay Quiyan. Selain itu, Gomes juga bisa mengandalkan playmaker-nya, Mbida Messi, untuk memperdayai Maung Bandung.

Ekspedisi Mudik 2024

Mbida bisa menjadi kartu AS bagi Gomes dalam membongkar kelemahan Persib. Pemain asal Kamerun tersebut paham mengenai isi dapur Maung Bandung mengingat dirinya pernah merumput bersama tim binaan Djajang Nurdjaman itu.

Sayangnya, Dewa Laut tidak bisa menurunkan bombernya, Osas Saha, yang terkena akumulasi kartu. Sejumlah nama pun telah dipersiapkan untuk menggedor jala lawan, seperti Moses Banggo dan Steven Anderson.

Persiram bertandang ke Kota Bengawan dengan modal yang cukup gemilang. Di putaran Zona Papua-Sulawesi, Kubay Quiyan dkk. sukses menyingkirkan tim jawara Indonesian Super League (ISL), Persipura Jayapura dan PSM Makassar. Kesuksesan itu langsung mendongkrak kepercayaan diri anak asuh Gomes untuk menuntaskan IIC 2014 dengan prestasi sebaik mungkin.

“Kami kehilangan sampai lima pemain, tapi kami juga mendapatkan pengganti yang tak kalah bagus awal musim ini. Kami punya modal besar [untuk tampil bagus di IIC],” terus Gomes.

Meski demikian, Gomes, tetap mewaspadai Persibyang dinilai memiliki kekuatan merata di setiap lini. Beruntung, Persiram memiliki waktu recovery lebih panjang dibandingkan Persib yang baru memastikan lolos ke babak delapan besar setelah mengalahkan Pelita Bandung Raya, Kamis (16/1).

Penggawa Persib sendiri baru menginjakkan kaki di Kota Bengawan, Sabtu pukul 13.00 WIB. Hanya selang sekitar dua jam setelang tiba di Solo, Ferdinand Sinaga cs. langsung menjajal lapangan di Manahan, Sabtu sore.

Pelatih Persib, Djajang Nurdjaman, membawa skuat lengkap termasuk striker anyarnya, Fortune Udo. Namun penyerang berdarah Nigeria itu belum tentu dipasang sebagai starter melawan Persiram. Adapun posisi striker Tantan yang bakal absen karena akumulasi kartu di laga nanti, kemungkinan akan diisi Atep Rizal. Djajang juga tak bisa menutunkan gelandangnya, Muhammad Taufiq, yang dilanda sakit demam.

“Terakhir kami main di Manahan, di semifinal IIC dua musim lalu, kami kalah dari Persisam Samarinda. Semoga kali ini akan lebih baik,” urai Djajang yang menargetkan timnya lolos ke final di IIC ini.

Prekiraan Formasi

Persib Bandung (4-3-3) Pelatih Djajang Nurdjaman
Wirawan; Toni, Vujonic, Rahman, Sapardi; Jufriyanto, Firman Utina, Ridwan; Konate, Ferdinand, Atep

Persiram Rajaampat (4-3-3) Pelatih Gomes de Olviera
Deny; Ortizan, Leonard, Kubay, Saanum; Imbiri, Elvis, Padwa; Aibekop, Moses, Mbida

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya