SOLOPOS.COM - Asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto menjawab pertanyaan pewarta di Jakarta, Kamis (19/10/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI).

Solopos.com, JAKARTA–Tim pelatih membuka peluang memanggil sejumlah pemain baru untuk memperkuat timnas Indonesia dalam menghadapi laga babak 2 Grup F kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026 mulai pertengahan November 2023 mendatang.

Opsi itu mengemuka mengingat ada pemain yang saat ini berperforma kurang memuaskan. Saat ini tim pelatih sedang memantau pemain incaran yang bermain di Liga 1 2023/2024.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto mengatakan tim pelatih berpeluang memanggil sejumlah pemain baru untuk mengisi skuad timnas. Namun, keputusan final masih menunggu hasil pantauan tim pelatih.

“Kalau wajah baru [pemain baru] yang dipanggil pasti ada, karena kita akan memantau semua pertandingan Liga 1. Ada beberapa pemain yang masuk radar kami dan akan dipantau kembali dalam kompetisi. Apakah itu akan dipanggil pada periode selanjutnya [November] atau tidak, akan kita lihat,” ujar Nova kepada wartawan dikutip dari Antara, Kamis (19/10/2023).

Dia tak memungkiri ada sejumlah pemain yang berforma sedang merosot. Mereka seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Pratama Arhan. ,Namun tim pelatih bisa memahami kondisi yang dialami para pemain.

“Kami bisa pahami, karena tidak semua pemain bisa tampil dalam performa terbaik. Kadang bisa turun, kadang bisa naik, tetapi ini menjadi catatan untuk Egy, juga pemain yang lainnya. Jadi semuanya akan kita lihat kembali di kompetisi. Pemain yang akan dipanggil adalah pemain yang sesuai keinginan coach Shin [Shin Tae-yong atau STY],” ujar mantan pemain Persib Bandung.

Terkait persiapan menghadapi pertandingan pertama fase 2 kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026 melawan Irak, timnas Indonesia direncanakan berkumpul pada 12 November sebelum ke Irak.

“Kami dari staf kepelatihan merencanakan kumpul 12 November. Malamnya kami kumpul, jadi 13 November pagi kita berangkat ke Irak. Kita langsung berangkat ke Irak karena 12 November masih ada yang main, Dewa [United] lawan PSM kalau tidak salah,” ulas Nova Arianto.

Dia menyebut timnas tidak berencana melakukan pertandingan uji coba di Irak, tetapi akan langsung bermain melawan timnas Irak pada 16 November.

Indonesia mengamankan tiket babak 2 kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026 setelah menang agregat 12-0 atas Brunei Darussalam pada babak 1 yang digelar pekan ini dan pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya