SOLOPOS.COM - Tim Meksiko (JIBI/Solopos/Dok)

Harianjogja.com,RECIFE– Menghadapi Belanda di babak 16 besar, Meksiko menyatakan siap bermain terbuka. Meksiko sukses melenggang ke babak berikutnya setelah mengalahkan Kroasia 3-1 di laga Grup A, Senin (24/6/2014).

“Hari ini adalah salah satu hari yang paling menggembirakan buat saya. Pertandingan yang berat [lawan Kroasia], namun tim saya berhasil mengatasinya.” ujar pelatih El Tri, julukan Meksiko, Miguel Herrera seusai laga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

selanjutnya, Herrera mengaku akan menerapkan pola permainan menyerang dan terbuka seperti saat menahan seri Brazil dan mengalahkan Kroasia saat meladeni Belanda. Permainan menyerang, kata dia, diperlukan karena ketajaman Belanda selama babak grup tidak diragukan lagi.

Meksiko mendampingi Brasil sebagai juara Grup A. Torehan ini sekaligus menjaga rekor Meksiko yang  selalu lolos ke babak 16 besar Piala Dunia enam kali berturut-turut.

Laga kontra Kroasia diakui Herrera sebagai laga sulit. Kedua tim tampil sama kuat hingga akhirnya kebuntuan Meksiko dipecahkan pada menit ke-72 lewat sundulan kapten Rafael Marquez memanfaatkan umpan Hector Herrera dari tendangan sudut.

Kroasia mengerahkan kekuatan untuk menyerang untuk membuat gol balasan namun akibatnya lini belakan mereka terlalu terbuka sehingga Andres Guardado menggandakan keunggulan bagi Meksiko tiga menit kemudian lewat sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti setelah memanfaatkan umpan Oribe Peralta.

Javier Hernandez membuat gol ketiga bagi Meksiko lewat sundulan jarak dekat pada menit ke-82 meneruskan bola dari tendangan sudut.

Meksiko sempat berada di posisi puncak grup A jika saja Brasil tidak menciptakan gol keempat ketika melawan Kamerun.

“Kami terlalu lama bermain terbuka, namun dua tendangan sudut itu menjadi penentu pertandingan,” kata pelatih Kroasia Niko Kovac.

“Kami tidak (bermain) terlalu buruk, namun tim lawan lebih baik hari ini,” kata dia.

Kovac memasukkan Sime Vrsaljko dan menugaskan bek kiri Danijel Pranjic lebih bermain ke tengah lapangan, namun strategi Kovac kurang ampuh.

Kroasia beberapa kali melancarkan umpan silang namun kiper Meksiko Guillermo Ochoa masih terlalu tangguh menjaga gawangnya.

Gol hiburan bagi Kroasia diciptakan oleh Ivan Perisic tiga menit menjelang akhir pertandingan. Kemudian Ante Rebic diusir keluar lapangan setelah menerima kartu merah karena melakukan pelanggaran keras dua menit setelahnya. (JIBI/SOLOPOS/Ant/corriere dello sport)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya