SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo, Bayu Nugroho (92) memasukkan bola ke dalam gawang PSGC Ciamis pada Laga Divisi Utama 16 Besar Liga Indosia 2014 di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/9). Pertandingan berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Persis Solo. (JIBI/Solopos/Ardiansyh Indra Kumala)

 

Harianjogja.com, SOLO — Persis Solo tidak gentar meskipun bakal berlaga di kandang PSGC Ciamis, Selasa (16/9) mendatang. Dalam laga babak 16 Besar Divisi Utama 2014 tersebut, Persis dipastikan tidak akan menerapkan pola bertahan meskipun bermain di luar kandang.
Pelatih Persis Solo, Widyantoro, memprediksi PSGC bakal tampil menyerang karena menilai timnya akan menerapkan pola bertahan. Oleh sebab itu, dia tidak ingin terbelenggu pada taktik bertahan supaya tak terbawa arus permainan tuan rumah.
“Mungkin mereka akan menyerang karena menilai Solo bakal bertahan. Tapi justru itu kuncinya, kami tetap akan bermain menyerang dan berusaha mencuri gol sebanyak-banyaknya,” ulas Wiwid, sapaan Widyantoro, saat dijumpai wartawan di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (12/9/2014) sore.
Dalam beberapa laga terakhir, lini belakang Laskar Sambernyawa mendapat sorotan. Pola 4-4-2 yang diterapkan Wiwid masih menyisakan lubang di area pertahanan Persis. Alhasil, Nnana Onana CS kebobolan tiga gol saat melawat ke markas PS Bangka dan kemasukan tiga gol dalam dual laga di Stadion Manahan Solo.
Keroposnya pertahanan Laskar Sambernyawa kian diperparah dengan absennya bek sayap, Hendri Aprilianto. Wiwid telah mencoba menggantikan posisi Hendri dengan menarik gelandang bertahan, Akbar Riansyah, ke belakang, tapi belum berjalan optimal.
Wiwid juga pernah menjajal skema 4-2-3-1 dan menggunakan strategi false nine dengan hanya memasang satu penyerang murni di laga tandang. Namun, taktik itu juga belum bisa berbuah manis.
Atas pertimbangan itu, Wiwid lebih memilih fokus memoles serangan saat melawat ke kandang PSGC ketimbang memperketat pertahanan. Kendati demikian, bukan berarti dia bakal membiarkan lubang di lini belakang tetap menganga lebar.
“Kami tetap pakai 4-4-2 dengan komposisi pemain seperti biasa. Tapi nanti tergantung bagaimana permainan di sana, kalau memang mengkhawatirkan kami bisa mengubah strategi dengan 4-2-3-1,” jelas jelas pelatih asal Magelang itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya