SOLOPOS.COM - Abu Bakar Ba'asyir (JIBI/dok)

Abu Bakar Ba’asyir (Dok/Antara)

CILACAP–Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir akhirnya dipindahkan dari Rutan Bareskrim Polri ke LP Batu Nusakambangan. Pengawalan ketat dilakukan polisi dan tentara di kawasan Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan, Sabtu (6/10/2012), Baasyir tiba di Dermaga Wijayapura sekitar pukul 08.40 WIB. Baasyir datang dengan menggunakan 5 mobil, diantaranya Isuzu ELF Blue Bird, 1 mobil Mitsubishi Strada silver, yang didalamnya terdapat pasukan Densus 88 dan Gegana Brimob bersenjata lengkap dan memakai masker.

Kelima mobil tersebut langsung naik ke Kapal Pengayoman II yang telah dipersiapkan untuk membawa Baasyir menyeberang ke Nusakambangan. Sementara pasukan pengawal Baasyir tidak turun dari kendaraan.

Dari informasi yang diperoleh menyebutkan, Baasyir dibawa dengan kendaraan Isuzu Elf Blue Bird bernopol B 7405 WB. Tidak menunggu waktu lama, kapal Pengayoman II yang membawa rombongan langsung menyebrang Nusakambangan.

Menurut Kalapas Batu Hermawan Yunianto, Baasyir tidak akan mendapatkan perlakuan khusus di LP Batu Nusakambangan. Baasyir juga tidak akan ditempatkan di ruangan yang pernah dihuni oleh tiga terpidana mati Bom Bali 1.

“Baasyir nantinya akan ditempatkan di dalam kamar khusus yang dihuni tiga narapidana yang sudah berusia lanjut. Ini karena Baasyir tetap harus dipantau kesehatannya oleh dokter karena sudah tua,” katanya kepada wartawan di Dermaga Wijayapura.

Dia menambahkan, selain Baasyir ada 5 narapidana lain yang ikut dipindahkan dari Jakarta ke Nusakambangan. “Satu masuk Lapas Batu yakni Baasyir. Satu ke Lapas Kembang Kuning. Sisanya ke Lapas Pasir Putih,” jelasnya.

Sebelumnya Ba’asyir dipindah dari Rutan Bareskrim Polri sekitar pukul 22.45 WIB, Jumat (5/10/2012). Pimpinan Ponpes Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo itu tampak tenang saat dinaikkan mobil Kia Travelo dengan pengawalan ketat personel Gegana Brimob. Ia mengenakan gamis dan peci putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya