SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Di Bulan Ramadan ini Jon Koplo lebih banyak menghabiskan waktu di masjid dekat rumahnya di Kartasura. Sambil menunggu waktu buka ia tetap tinggal di masjid meski hanya leyeh-leyeh atau tidur-tiduran di serambi. Karena tinggal di dekat masjid itulah remaja tamatan SMA ini kerap jadi muazin alias “tukang” azan.

Beberapa waktu lalu sehabis salat Asar Jon Koplo nyapu-nyapu lantai masjid. Kebetulan ia ketemu Pak Tom Gembus, katua takmir masjid tersebut dan diingatkan. “Plo, nanti azan magribnya jam lima lewat empat puluh. Aja telat ya!

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Siap Bos!” sahut Koplo.

Setelah nyapu lantai, Jon Koplo klekaran di lantai masjid. Tak lupa ia menyetel alarm HP-nya biar kalau ketiduran bisa terbangun. “Wis tak setel jam lima punjul telung puluh. Muga-muga ora kebablasen,” harapnya.

Benar saja. Tepat pukul 17.30 WIB alarm HP Koplo pun berbunyi nyaring. Saking kerasnya sampai-sampai Koplo gragapan. Lalu dalam keadaan hayub-hayuben ia langsung bangun dan menuju mikrofon.
Wah, wis buka iki. Beruntung aku bisa bangun tepat waktu,” batinnya. Dia sama sekali lupa kalau sebenarnya alarm itu disetel 10 menit sebelum waktu Maghrib.

Namanya juga setengah sadar, tanpa melihat jam, Koplo pun langsung mengumandangkan azan, “Allahu akbar, Allaaahu akbar…!” serunya.

Sesaat kemudian Mbah Cempluk yang tinggal di depan masjid langsung bengok-bengok, “Plo! Iki durung wayahe adan. Ijik kurang sepuluh menit!

Mendengar teriakan itu Koplo tersadar dan menghentikan azannya. Ia baru ingat bahwa tadi sengaja menyetel alarm kurang 10 menit untuk persiapan. Di luar masjid, ternyata selain ada Mbah Cempluk juga ada beberapa warga yang protes.

Merasa bersalah, Koplo pun terpaksa mencabut azannya agar tidak menyesatkan. “Bapak-bapak, Ibu-ibu, nyuwun pangapunten, adan magribipun taksih kirang sedasa menit malih!” serunya lewat corong masjid yang disambut berbagai ekspresi warga, ada yang tertawa, ada juga yang sewot.

Absharina Desy Mazaya, Sedahromo Lor RT 01 RW 07 Sedahromo Kartasura

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya