SOLOPOS.COM - Siswa SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo membaca harian umum Solopos bersama di halaman sekolah setempat, Senin (15/2/2016). Aksi membaca koran bersama tersebut digelar untuk meningkatkan minat baca serta menambah pengetahuan umum siswa. (JIBI/Solopos/Ivanovich Aldino)

Ayo membaca Solopos dilakukan bersama siswa SMP Al Azhar Syifa Budi Solo.

Solopos.com, SOLO – Empat siswa SMP Al Azhar Syifa Budi Solo, mempraktikkan cara unik membaca saat mengikuti kegiatan bertajuk Membaca Solopos Bersama di halaman sekolah setempat, Senin (15/2/2016).

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Mereka adalah M. Raynaldi Abrar Ryamizar, siswa Kelas VIII, Kresnatio B. P., siswa Kelas VII, Baihaqi Falah Amanullah, siswa Kelas VIII, dan Almadina Maskat, siswa Kelas VII SMP Al Azhar Syifa Budi Solo.

Di saat ratusan siswa lain dan guru-guru mereka membaca bersama-sama Koran Solopos di halaman sekolah itu, keempat siswa tersebut naik ke lantai atas gedung sekolah.

Kemudian mereka menuruni dinding yang ada di tengah-tengah halaman sekolah tersebut dengan teknik repling atau menuruni dinding dengan menggunakan seutas tali karmantel.

Siswa SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo membaca koran Solopos sambil beratraksi repling saat mengikuti kegiatan membaca koran bersama di halaman sekolah, Senin (15/2/2016). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Siswa SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo beratraksi repling saat mengikuti kegiatan membaca koran bersama di halaman sekolah, Senin (15/2/2016). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Aksi membaca Koran Solopos pun dilakukan keempat siswa itu di tengah-tengah dinding sekolah tersebut selama sekitar tujuh hingga delapan menit.

Ditemui seusai repling, keempat siswa tersebut mengaku sudah sering mempraktikkan repling di sekolah mereka. Namun repling dengan membaca koran, diakui mereka, baru kali pertama mereka lakukan. “Seru banget!” ujar Raynaldi yang diamini ketiga temannya.

Sementara Kresnatio mengaku, dirinya tidak mengalami kesulitan saat harus melakukan aksi tersebut.

Berita yang mengulas film Deadpool rupanya menarik minat Raynaldi, Baihaqi, dan Almadina. Secara kebetulan, saat melakukan aksi tersebut, ketiga siswa itu memilih berita yang sama, yakni berita berjudul Acting Ryan Reynolds Panen Pujian yang dimuat di Halaman MOM/The Young.

Sementara Kresnatio, memilih berita berjudul Dua Rekahan Tanah Dipantau yang mengulas seputar bencana longsor di Kabupaten Karanganyar.

Dipandu oleh Raka Rizqa Haqqu dari Bagian Promosi Solopos, kegiatan Membaca Solopos Bersama di SMP Al Azhar Syifa Budi Solo tersebut berlangsung seru meskipun hanya berjalan sekitar satu jam.

Tim Solopos pun tak lupa tetap membagikan sejumlah hadiah kepada beberapa siswa dan guru yang pagi itu berkesempatan menceritakan isi berita yang mereka baca di Koran Solopos di hadapan ratusan siswa dan guru lainnya.

Bahkan driver atau sopir sekolah, Romli, tak ketinggalan ikut maju untuk menceritakan isi salah satu berita yang telah dibacanya pagi itu. Berita berjudul Pj. Wali Kota Dukung Penertiban SHP yang menjadi berita headline di Halaman Soloraya, menjadi berita pilihan Romli.

“Saya tertarik dengan berita Pj. Wali Kota Dukung Penertiban SHP, yang isinya tentang dukungan Pj. Wali Kota Solo terhadap Dinas Pengelolaan Pasar untuk menertibkan SHP pedagang di Pasar Singosaren,” ungkap Romli.

Sementara itu, Kepala SMP Al Azhar Syifa Budi, Masykur Fitriawan, mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan akan semakin menguatkan budaya membaca pada diri siswa maupun guru sekolah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya