SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA: Kebangkitan game produk anak bangsa sudah seharusnya mendapat dukungan semua pihak. Setelah game Nusantara Online menyapa masyarakat Indonesia, kini game bersetting kejayaan Nusantara lama kembali muncul, yakni Majapahit Online.

Bedanya, jika Nusantara Online ditujukan sebagai game Massive Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG), Majapahit Online dibuat sebagai game Facebook. Game ini diproduksi oleh Anantarupa Studios. Untuk mendukung Majapahit Online, Anantarupa Studios menggandeng sejumlah partner seperti iPlay Design, product house Alterego, Giantleap Studio dan Rajawali Megah Vision yang semuanya dibesut anak bangsa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam keterangan persnya, Anantarupa Studios mengangkat tema Majapahit bukan untuk mengagung-agungkan masa lalu atau salah satu suku saja. Hal itu dilakukan untuk menyadarkan bangsa Indonesia bahwa dengan bersatu bangsa ini dapat kuat. Hal itu sudah dibuktikan 500 tahun lalu, di mana bangsa Indonesia pernah menjadi bangsa yang besar di Asia.

“Majapahit menjadi pondasi NKRI pertama kali, yaitu saat seluruh nusantara bersatu untuk secara bersama melindungi seluruh wilayah nusantara sebagai satu kesatuan baik di darat, laut, serta segala sumber daya di dalamnya,” tulis pengelola Majapahit Online sebagaimana dikutip Harian Jogja dari akun Facebooknya, Selasa (14/6).

Game ini didesain dengan beberapa alternatif penceritaan di mana alur cerita disajikan berbeda-beda, tergantung dari partisipasi aktif dan kerjasama tiap-tiap pemain dalam menentukan pilihannya. Namun, Majapahit Online disajikan dengan genre visual novel dan sedikit elemen strategi-strategi Jawa seperti Garuda Vyuha, Dirada meta, dan sebagainya.

Rencananya, versi pertama cerita Majapahit Online berjudul Senopati Terakhir, yang secara singkat menceritakan tentang berakhirnya masa Singasari sampai dengan awal berdirinya Majapahit. Ulasan lebih lengkap tentang cerita ini telah dituangkan dalam sebuah novel berjudul Senopati Terakhir karya Setyo Wardoyo. Rencananya, Anantarupa Studios akan merilis Majapahit Online dengan masa open beta akhir Juli 2011.(Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya