SOLOPOS.COM - Water salute penerbangan perdana maskapai NAM Air rute Jakarta (Bandar Udara Soekarno-Hatta) menuju Natuna (Bandar Udara Ranai), Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (20/11/2021). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Maskapai NAM Air menambah rute penerbangan Jakarta-Natuna melalui Batam mulai Sabtu (20/11/2021).

Kepala Bandar Udara Ranai Natuna, Gatot Riadi, menjelaskan penerbangan perdana NAM Air rute Jakarta-Natuna melalui Batam merupakan penerbangan charter saat ini. Penerbangan dijadwalkan satu kali dalam sepekan, yakni Sabtu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Pertashop Dorong Ekonomi saat Pandemi Lewat BUM Desa di Sleman

Penerbangan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-500. Pesawat berangkat dari Bandar Udara Soekarno-Hatta Jakarta menuju Bandar Udara Ranai Natuna, tetapi transit di Batam.

Ekspedisi Mudik 2024

Water salute penerbangan perdana NAM AIR rute Jakarta-Natuna dihadiri Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, pejabat setempat, Kepala Bandara Ranai dan POI Heri Siswanto, dan Direktur Niaga NAM Air, Henoch Iwannuddin Rudy.

“Pesawat milik maskapai NAM Air dengan nomor registrasi PK-NAM telah mendarat di Bandara Ranai pukul 11.30 waktu setempat. Membawa 115 penumpang dari Jakarta. Sebelumnya transit di Batam,” kata Gatot seperti dilansir Antara, Minggu (21/11/2021).

Baca Juga : Sebabkan 488 Orang Terinfeksi Covid-19, Pria China Dihukum 2 Tahun

Pesawat balik ke Jakarta pukul 12.55 waktu setempat membawa 93 penumpang. Pesawat transit di Batam. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyambut positif penerbangan perdana NAM Air.

Novie berharap rute baru tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Rute baru itu berjalan karena kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan maskapai.

“Langkah maskapai penerbangan ini dapat mendukung konektivitas dan aksesibilitas masyarakat dari dan ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. [Natuna] salah satu daerah terluar di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca Juga : Inilah Puncak Arjuna, Daya Tarik Wisata Baru di Desa Gununggajah Klaten

Novie mengingatkan NAM Air tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan. Unsur penting lainnya adalah menjamin kesehatan pengguna jasa transportasi udara terutama persebaran Covid-19.

Sebelumnya, Bandar Udara Ranai di Kabupaten Ranai-Natuna telah melayani penerbangan rute Batam-Natuna pergi pulang sebanyak 9 kali dalam sepekan. Penerbangan tersebut menggunakan maskapai Wings Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya