SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Reuters/Raheb Homavandi)

IRAN- Pemimpin spiritual Iran, Ayatullah Ali Khamenei, menuduh Amerika Serikat dan Israel berada di balik pembunuhan ilmuwan nuklir mereka, Mostafa Ahmadi Roshan. Menurut dia, agen Mossad dan Central Intelligence Agency (CIA) berada di balik peledakan mobil pada Rabu 11 Januari 2012 yang lalu.

Khamenei mengatakan kematian Roshan menunjukkan bahwa “arogansi global dipelopori oleh AS dan Zionisme telah mencapai kebuntuan dalam melawan Iran yang progresif dan taat,” kata Khamenei seperti dilansir TV Iran yang dikutip laman CNN, Sabtu (14/1/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pejabat AS dan Israel membantah terlibat insiden itu. Namun, bagi Khamenei, para penyerang tidak akan mengaku. Serangan itu “dilakukan atas rencana atau dukungan dari CIA dan Mossad, seperti semua kejahatan teroriisme internasional lainnya.”

Ekspedisi Mudik 2024

Khamenei menyatakan bela sungkawa atas kematian Roshan ini. Khumaeni juga memperingatkan AS dan Israel yang dia tuduh berada di balik seranagan ini. “Kami akan bertahan untuk menghukum para pelaku kejahatan ini, serta mereka yang mendukung mereka di belakang layar.”

Pada 11 Januari 2012, ledakan terjadi di salah satu fakultas Universitas Allameh Tabatai pada Rabu pagi waktu setempat. Korban bernama Mostafa Ahmadi-Roshan, berusia 32 tahun dan bekerja sebagai penyelia di departemen pengayaan uranium Natanz.

Pembunuhan Ahmadi sendiri diduga didalangi Israel, karena terjadinya hanya berselang beberapa hari dari peringatan dua tahun pembunuhan ilmuwan nuklir Massoud Ali Mohammadi, yang tewas dibom 12 Januari 2010. Apalagi, jenis bom yang dipergunakan sama.

AS sendiri telah membantah tudingan keterlibatan ini. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton menyatakan, pihaknya mengutuk aksi kejahatan apapun yang terjadi di Iran.

“Saya membantah keterlibatan AS dalam tindak kejahatan apapun di Iran,” kata Clinton seperti diberitakan Al Jazeera, Kamis 12 Januari 2012. Juru bicara Clinton menambahkan, AS mengutuk kejahatan yang terjadi pada orang yang tidak bersalah, dan menyampaikan ungkapan belasungkawanya. VIVAnews

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya