Ayam Panggang Mbok Cimplek Jatipuro Karanganyar Viral, Sehari Habis Ratusan Ekor
Ayam panggang di warung Mbok Cimplek, Jatipuro, Karanganyar, Jawa Tengah. (Yotube Kurki Food Hunters)

Solopos.com, KARANGANYAR – Kuliner ayam panggang belakangan tengah naik daun. Salah satunya kuliner Ayam Panggang Mbok Cimplek di Jatipuro, Karanganyar, yang tidak pernah sepi pembeli di masa pandemi.

Warung ayam panggang ini terletak di jalan raya Ngadirojo-Jatipuro, Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat makan yang buka sejak 1999 tersebut memiliki konsep unik, yakni open kitchen dengan dapur tradisional khas Jawa.

Warung tersebut dirintis oleh Mbok Cimplek yang saat ini diteruskan oleh keluarganya. Sejak akhir 2020 lalu warung makan ini viral di media sosial yang membuat omzetnya naik hingga tiga kali lipat.

Baca juga: Wong Solo Ternyata Hobi Jajan Kuliner, Ini Buktinya

Hal tersebut disampaikan pengelola warung makan Ayam Panggang Mbok Cimplek dalam vlog di channel Youtube Juragan Renders pada 23 Desember 2020 lalu.

Dia mengatakan sebelum viral, biasanya hanya ada 20-30 pembeli di warung itu. Namun setelah viral, jumlahnya bertambah puluhan kali lipat hingga tidak pernah sepi pembeli, apalagi di akhir pekan.

Salah satu pengelola warung Ayam Panggang Mbok Cimplek, Sumarni, dalam vlog Kurki Food Hunters 19 Februari 2021 mengatakan omzetnya naik hingga mampu menjual 200-300 ekor ayam kampung setiap hari.

Rahasia kelezatan ayam panggang ini terletak pada bumbu dan proses memasaknya yang masih sangat tradisional. Dengan konsep dapur open kitchen pembeli bisa melihat langsung proses memasak ayam panggang tersebut.

Baca juga: 5 Sate Kambing Paling Enak di Solo, Mana Langgananmu?

Pertama, ayam yang telah dicuci bersih dipanggang di bara api dari kayu bakar sampai setengah matang. Selanjutnya ayam diungkep menggunakan bumbu kuning.

Setelah matang, ayam kemudian dipanggang kembali dan dilumuri bumbu rujak yang spesial. Ayam panggang di sini bercita rasa manis dan gurih, tidak pedas seperti ayam panggang di Wonogiri.

Seporsi ayam panggang Mbok Cimplek Jatipuro dijual seharga Rp70.000-Rp80.000 bergantung ukuran ayam. Anda juga bisa membeli dalam porsi potongan seharga Rp15.000 untuk satu potong ayam lengkap dengan nasi, sambal, dan lalapan.



Berita Terkini Lainnya








Kolom