Ilustrasi bayi merangkak (JIBI/Harianjogja/Desi Suryanto)

Solopos.com, JAKARTA -- Tahap pertumbuhan bayi sejak lahir hingga bisa berjalan harus mendapatkan perhatian ekstra dari para orang tua. Setiap momen bayi seperti tawa pertama, pertama kali duduk, dan pertama kali merangkak adalah saat-saat penting yang membawa kebahagiaan dalam kehidupan orang tua.

Merangkak adalah bagian awal dari bayi belajar berjalan. Di usia antara 4 dan 6 bulan, bayi biasanya mulai belajar merangkak dan mampu berjalan di usia sekitar satu tahun.

Proses belajar merangkak susah susah gampang. Karena itu tidak ada keharusan untuk mengajar bayi Anda merangkak karena itu merupakan tonggak perkembangan alami yang terjadi ketika bayi Anda siap.

Para ahli kesehatan menunjukkan orang tua baru harus sadar tidak ada bukti konklusif yang menunjukkan bahwa bayi yang merangkak di awal kehidupan menjadi lebih pintar, lebih kuat, atau lebih sehat. Namun tak ada salahnya memberi dorongan kepada bayi untuk merangkak.

Boldsky melansir bebrapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendorong bayi Anda bergerak hingga merangkak sesuai jalurnya:

  1. Biarkan bayi lebih lama di lantai

Langkah pertama untuk membantu bayi Anda merangkak sendirian adalah dengan membiarkannya lebih lama berada di lantai daripada di tempat tidurnya. Dengan cara ini, dia akan berusaha bergerak menuju arah yang diinginkannya dengan cara berguling atau merangkak.

  1. Berbaring bersama di lantai dan mencontohkan

Bayi yang melihat orang tua atau saudara mereka merangkak bersama mereka diketahui bisa lebih cepat dalam merangkak. Bayi tersebut dapat meniru gerakan Anda dan berusaha merangkak. Cara lainnya adalah dengan menempatkan mainan favorit mereka agak jauh dari jangkauannya, sehingga bayi akan berusaha merangkak ke arah objek.

  1. Telungkupkan bayi

Dengan telungkup, bayi berusaha meningkatkan kekuatan otot di bahu, lengan, punggung, dan membantu mereka belajar merangkak. Tapi hati-hati saat melakuannya ya.

  1. Berikan ruang nyaman bagi bayi untuk menjelajah.

Atur ruang yang rapi dan bersih di lantai sehingga mainan dan barang-barang yang disukai bayi Anda dapat dijelajahi dengan aman.

  1. Biarkan bayi Anda bermain di depan cermin

Manfaatkan rasa penasaran itu pada bayi Anda. Membiarkan mereka bermain di depan cermin (diawasi) dapat membantu mempromosikan mereka karena mereka pasti ingin memeriksa refleksi mereka, yang akan mengarah pada keinginan menjangkau ke arah cermin.

  1. Angkat bayi dari lantai dengan satu tangan

Angkat bayi dengan lengan atau ketiak yang cukup untuk menopang berat badannya dapat membantu memberikan latihan kaki untuk bayi mungil Anda. Pastikan untuk tidak mengangkat kaki mereka sepenuhnya dari tanah. Dengan melakukannya, Anda dapat membantu bayi melatih gerakan berjalan dan akan membantu memperkuat kaki mereka,


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten