SOLOPOS.COM - Imigrasi Surakarta bersama Timpora Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan Rapat Koordinasi di Hotel Tosan, Solo Baru, Sukoharjo, Senin (19/9/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO-Kepala Kantor Imigrasi Surakarta, Winarko, mengatakan sebagai bentuk penegakan kedaulatan negara, kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora ditujukan untuk menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan nasional, khususnya di wilayah Sukoharjo dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perlintasan orang antar negara serta keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah NKRI.

Hal ini mengingat tingginya aktivitas warga negara asing (WNA) sebagai hasil dari peningkatan industrialisasi di wilayah Sukoharjo yang menarik banyak tenaga kerja asing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana diketahui sebagai salah satu daerah di Soloraya dengan perkembangan ekonomi melalui industrialisasi yang pesat, Sukoharjo mengalami peningkatan kehadiran orang maupun investasi asing yang sangat dibutuhkan karena membawa manfaat bagi pembangunan dan pertumbuhan/perkembangan ekonomi di wilayah Sukoharjo. Namun di satu sisi, dampak negatif dari kehadiran warga negara asing (WNA) juga harus diwaspadai.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ramaikan Sukoharjo Hybrid Expo, Kantor Imigrasi Surakarta Buka Layanan Paspor

Oleh karena itu, Kantor Imigrasi Surakarta bersama Timpora Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Timpora Kabupaten Sukoharjo  di Hotel Tosan, Solo Baru, Sukoharjo, Senin (19/9/2022). Dalam rapat ini, hadir beberapa instansi mulai dari Bakesbangpol Sukoharjo, Kodim 0726 Sukoharjo, Polres Sukoharjo, Bea dan Cukai Surakarta, Disnaker Sukoharjo, Kejaksaan Negeri, BAIS TNI, dan Disdukcapil Sukoharjo.

Baca Juga: Kantor Imigrasi Semarang Gelar Rakor Timpora, Ternyata Ini Tujuannya

Rapat koordinasi ini dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi, Winarko. “Pengawasan orang asing sesuai dengan Pasal 2 Permenkumham No.50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing ini adalah upaya mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan Orang Asing di wilayah Indonesia khususnya Sukoharjo,” kata Winarko dalam keterangan pers yang diterima Solopos.com pada Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Awasi WNA, Kantor Imigrasi Surakarta Perkuat Sinergi Lembaga-Lembaga Terkait

Rapat Timpora ini bertujuan untuk mengoordinasikan dan menyelaraskan pandangan dari masing-masing instansi di Sukoharjo yang terlibat. Dengan keselarasan pandangan, diharapkan dapat tercipta sinergi antar instasi untuk mewujudkan pengawasan orang asing yang berkelanjutan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya