Awas! Talut Kali Anyar di Nusukan Solo Longsor

Awas! Talut Kali Anyar di Nusukan Solo Longsor

SOLOPOS.COM - Talut di tepi Sungai Bengawan Solo yang berada di wilayah Dukuh Nglombo, Desa Tenggak, Sidoharjo ambrol sepanjang 10 meter. Kerusakan talut itu sudah terjadi sekitar setahun ini. Foto diambil Selasa (11/3/2014). (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Banjir Solo masih mengancam menyusul cuaca ekstrem akhir-akhir ini.

Solopos.com, SOLO — Banjir Solo masih mengancam. Talut di anak Kali Anyar, Nusukan, Solo, Minggu (9/10/2016) longsor.

Talut anak sungai Kali Anyar yang longsor sepanjang lima meter dengan ketinggian empat meter di Kampung Bibis RT 006 /RW 023, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kepala Pelaksana Harian BPBD Solo, Gatot Sutanto, mengatakan kejadian longsornya talut anak sungai Kalianyar terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. (Baca: Nyaris Separuh Solo Rawan Banjir)

Kejadian tersebut bermula saat warga mendapati retakan di sekitar talut pada Sabtu (8/10/2016) pagi. “Kami baru mendapati informasi kejadian tersebut sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung menuju ke lokasi untuk membersihkan sisa longsor,” ujar Gatot saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Gatot mengatakan pagar besi dan pondasi pembatas sungai rusak akibat kejadian longsor tersebut. Satu bangunan gudang penyimpanan barang inventaris milik RT setempat terancam ikut longsor.

“Kami sudah membersihkan sisa-sisa material longsor bersama warga. BPBD berharap bangunan di atasnya tidak ikut longsor sehingga perlu dilakukan penanganan cepat,” kata dia.

Ia mengatakan kejadian tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo. Perbaikan akibat longsor perlu segera dilakukan agar dampaknya tidak bertambah parah.

“Kami melihat pondasi bangunan talut bagian bawah masih kokoh. Penyebab terjadinya longsor masih dikaji DPU Solo,” kata dia.

Ia mengatakan kerugian akibat longsor sampai saat belum diketahui. BPBD mengimbau kepada warga yang tinggal di pinggir bantaran untuk selalu waspada terhadap banjir. Warga harus selalu mengecek kondisi talud sungai kalau ada retakan segera melapor ke lurah.

Gatot menambahkan Daerah Kalianyar terdapat sejumlah titik talud rawan longsor. Namun, untuk perbaikan talut perlu dikoordinasikan bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Sementara itu, salah seorang warga, Kasrono, mengatakan warga langsung memindahkan sebagian barang berharga inventaris RT ke lokasi lebih aman. Warga berharap Pemkot Solo segera memperbaiki kerusakan talud agar gudang milik warga tidak ikut terkena longsor.

Berita Terkait

Berita Terkini

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

Video seorang anggota keluarga pasien Covid-19 yang meninggal mencoba menusuk nakes RSUD Ambarawa beredar viral di media sosial. Polda Jateng beri penjelasan.

Digerebek Petugas, Nasib PKL Di Purwodadi Berakhir Bahagia

Kedatangan petugas gabungan membuat pedagang dan sejumlah pembeli yang lagi nongkrong di warung PKL angkringan dekat Stadion Purwodadi kaget.

3 Dosen Meninggal Dunia, UNS Solo Kehilangan Akademisi Terbaik

Tiga dosen UNS Solo meninggal pada Jumat-Sabtu (23-24/7/2021). Ketiga merupakan dosen-dosen terbaik.

Vaksin With A View, Cara Asyik Gairahkan Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

Program ini mengajak warga, khususnya di Desa Wukiharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman untuk turut serta dalam program vaksinasi Covid-19.

Manfaatkan Pengrajin Lokal, Bingah Leather Craft Sukoharjo Pasarkan Tas Kualitas Impor

Peserta UMKM Virtual Expo 2021, Bingah Leather Craft Sukoharjo, mampu membuat tas kulit berkualitas ekspor dengan harga terjangkau.

Waduh, Agenda Kunjungan Panglima TNI ke Solo Mendadak Ditunda

Kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Solo ditunda besok.

Gibran Sebut Capaian Vaksinasi Covid-19 di Solo di Atas 60%, Siap Sinergi dengan Daerah Lain

Gibran menjelasnya biasanya vaksinasi massal yang diadakan Pemkot Solo menggandeng pihak ketiga sehingga prosesnya sangat cepat.

Duh, Tim Beregu Campuran Panahan Indonesia Terhenti di Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Riau Ega Agatha Salsabilla/Diananda Choirunisa dikalahkan pasangan Turki, Mete Gazoz/Yesemin Anagoz, di perempat final dengan skor 2-6.

Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Ini Profil Windy Cantika Aisah

Puncak prestasi Windy Cantika Aisah pada 2019 terjadi di SEA Games 2019 ketika memecahkan rekor dunia di kelas 49 kg junior dengan total angkatan 190 kg.