Awas! Pengendara Motor Wajib Hati-hati saat Lewat Jalan Ini di Salatiga

Sepanjang jalan Salatiga-Kopeng, tepatnya wilayah Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah rawan kecelakaan.

Jumat, 12 Agustus 2022 - 15:02 WIB Penulis: Hawin Alaina Editor: Sri Sumi Handayani | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Titik di Jalan Salatiga-Kopeng samping Ikon Resto Salib Putih Kecamatan Argomulyo, Salatiga sering terjadi tumpahan solar. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Sepanjang jalan Salatiga-Kopeng, tepatnya wilayah Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah rawan kecelakaan.

Kondisi jalan di wilayah tersebut menurun dan menikung tajam. Faktor lain yang menyebabkan lokasi tersebut rawan kecelakaan adalah sering terjadi solar tumpah di jalan Salatiga-Kopeng.

Dampaknya, sejumlah pengendara motor menjadi korban kecelakaan saat melintas di jalan tersebut. Salah seorang warga sekitar mengaku bernama Lapar menyampaikan sejumlah pengendara sepeda motor tergelincir saat melintas di jalan tersebut dua hari lalu.

Penyebabnya, kata Lapar, tumpahan solar di tikungan d’Emmerick. Selain itu, tumpahan solar juga ditemukan di samping Ikon Resto Salib Putih. Tumpahan solar di lokasi tersebut sepanjang 10 meter.

“Tikungan itu sering ada tumpahan solar. Saat ini solar sudah kering,” ungkapnya kepada Solopos.com Kamis (11/8/2022).

Baca Juga : Rawan Kecelakaan, JLS di Salatiga Bakal Dibuat Jalur Penyelamat

Lapar menyebut jalan menurun dan menikung tersebut menjadi rawan kecelakaan karena tumpahan solar tersebut. Korban kecelakaan karena solar tumpah itu mengalami lecet-lecet pada kaki dan tangan.

Warga sekitar, kata Lapar, berupaya memberikan tanda menggunakan cat samprot warna putih agar pengendara tahu kalau titik itu ada tumpahan solar.

“Untuk saat ini tinggal bekasnya saja, tapi jalan masih licin apalagi pas tikungan,” ujarnya.

Cek Tangki

Lapar mengingatkan pengendara roda empat agar mengecek tangki bahan bakar secara berkala. “Sebelum bekendara sebaiknya di cek lagi kendaraan. Khususnya, pengguna solar. Kalau [solar] bocor dan menetes di jalan malah membahayakan orang lain,” ujarnya.

Baca Juga : Awas! Ini Titik Paling Rawan Kecelakaan di Salatiga

Pantauan Solopos.com, jalan Salatiga-Kopeng tersebut memang memiliki kontur menurun dan menikung. Pengguna jalan harus berhati-hati dan konsentrasi saat berkendara dan melintasi jalan itu.

Solopos.com mendengar informasi solar tumpah di kawasan lain di tikungan Blondo Celong Kutowinangun Kidul, Salatiga pada Kamis (11/8/2022) malam. Penyebabnya tangki mobil bocor sehingga solar tumpah.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Salatiga, Wiryawan, menyampaikan menerima laporan tersebut dari sukarelawan Ojol. Mereka melaporkan bahwa ada tumpahan solar di Jl. Marditomo tepatnya turunan Blondo Celong.

Penyebab Solar Tumpah

Kondisi itu menyebabkan pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua terjatuh. “Mendapatkan laporan tersebut kami dengan tim piket BPBD menuju Lokasi tumpahan solar untuk menyemprot. Dibantu rekan-rekan sukarelawan Ojol dan PSC 119 DKK [Dinas Kesehatan Kota],” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com Jumat (12/8/2022).

Baca Juga : Nahas, 2 Pengendara Motor Meninggal Tertimpa Truk Kontainer di Salatiga

Wiryawan menyebut ada empat pengendara roda dua terjatuh di lokasi tersebut. “Alhamdulillah hanya luka ringan tidak sampe dilakukan penanganan,” katanya.

Wiryawan menyebutkan hanya ada satu lokasi solar tumpah beradasarkan hasil penyisiran. Bahkan, dia menyebutkan bahwa solar tumpah di jalan tersebut rata-rata satu kali dalam satu pekan.

“Dilakukan pengamatan juga belum menemukan dari mana dan apa penyebabnya tumpahan solar tersebut,” ungkapnya.

Ia mengimbau pengguna jalan khususnya roda empat maupun lebih yang menggunakan bahan bakar solar untuk selalu mengecek tutup tangki dengan baik.

Kemudian, dia meminta pengendara memastikan tidak ada kebocoran sehingga bisa menyebabkan solar tumpah.

Baca Juga : Truk Tangki Seruduk 2 Truk & 2 Motor di JLS Salatiga, 1 Orang Meninggal

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif