Awas! Pengendara Motor Wajib Hati-hati saat Lewat Jalan Ini di Salatiga

Sepanjang jalan Salatiga-Kopeng, tepatnya wilayah Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah rawan kecelakaan.

 Titik di Jalan Salatiga-Kopeng samping Ikon Resto Salib Putih Kecamatan Argomulyo, Salatiga sering terjadi tumpahan solar. (Solopos.com/Hawin Alaina)

SOLOPOS.COM - Titik di Jalan Salatiga-Kopeng samping Ikon Resto Salib Putih Kecamatan Argomulyo, Salatiga sering terjadi tumpahan solar. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Sepanjang jalan Salatiga-Kopeng, tepatnya wilayah Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah rawan kecelakaan.

Kondisi jalan di wilayah tersebut menurun dan menikung tajam. Faktor lain yang menyebabkan lokasi tersebut rawan kecelakaan adalah sering terjadi solar tumpah di jalan Salatiga-Kopeng.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dampaknya, sejumlah pengendara motor menjadi korban kecelakaan saat melintas di jalan tersebut. Salah seorang warga sekitar mengaku bernama Lapar menyampaikan sejumlah pengendara sepeda motor tergelincir saat melintas di jalan tersebut dua hari lalu.

Penyebabnya, kata Lapar, tumpahan solar di tikungan d’Emmerick. Selain itu, tumpahan solar juga ditemukan di samping Ikon Resto Salib Putih. Tumpahan solar di lokasi tersebut sepanjang 10 meter.

“Tikungan itu sering ada tumpahan solar. Saat ini solar sudah kering,” ungkapnya kepada Solopos.com Kamis (11/8/2022).

Baca Juga : Rawan Kecelakaan, JLS di Salatiga Bakal Dibuat Jalur Penyelamat

Lapar menyebut jalan menurun dan menikung tersebut menjadi rawan kecelakaan karena tumpahan solar tersebut. Korban kecelakaan karena solar tumpah itu mengalami lecet-lecet pada kaki dan tangan.

Warga sekitar, kata Lapar, berupaya memberikan tanda menggunakan cat samprot warna putih agar pengendara tahu kalau titik itu ada tumpahan solar.

“Untuk saat ini tinggal bekasnya saja, tapi jalan masih licin apalagi pas tikungan,” ujarnya.

Cek Tangki

Lapar mengingatkan pengendara roda empat agar mengecek tangki bahan bakar secara berkala. “Sebelum bekendara sebaiknya di cek lagi kendaraan. Khususnya, pengguna solar. Kalau [solar] bocor dan menetes di jalan malah membahayakan orang lain,” ujarnya.

Baca Juga : Awas! Ini Titik Paling Rawan Kecelakaan di Salatiga

Pantauan Solopos.com, jalan Salatiga-Kopeng tersebut memang memiliki kontur menurun dan menikung. Pengguna jalan harus berhati-hati dan konsentrasi saat berkendara dan melintasi jalan itu.

Solopos.com mendengar informasi solar tumpah di kawasan lain di tikungan Blondo Celong Kutowinangun Kidul, Salatiga pada Kamis (11/8/2022) malam. Penyebabnya tangki mobil bocor sehingga solar tumpah.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Salatiga, Wiryawan, menyampaikan menerima laporan tersebut dari sukarelawan Ojol. Mereka melaporkan bahwa ada tumpahan solar di Jl. Marditomo tepatnya turunan Blondo Celong.

Penyebab Solar Tumpah

Kondisi itu menyebabkan pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua terjatuh. “Mendapatkan laporan tersebut kami dengan tim piket BPBD menuju Lokasi tumpahan solar untuk menyemprot. Dibantu rekan-rekan sukarelawan Ojol dan PSC 119 DKK [Dinas Kesehatan Kota],” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com Jumat (12/8/2022).

Baca Juga : Nahas, 2 Pengendara Motor Meninggal Tertimpa Truk Kontainer di Salatiga

Wiryawan menyebut ada empat pengendara roda dua terjatuh di lokasi tersebut. “Alhamdulillah hanya luka ringan tidak sampe dilakukan penanganan,” katanya.

Wiryawan menyebutkan hanya ada satu lokasi solar tumpah beradasarkan hasil penyisiran. Bahkan, dia menyebutkan bahwa solar tumpah di jalan tersebut rata-rata satu kali dalam satu pekan.

“Dilakukan pengamatan juga belum menemukan dari mana dan apa penyebabnya tumpahan solar tersebut,” ungkapnya.

Ia mengimbau pengguna jalan khususnya roda empat maupun lebih yang menggunakan bahan bakar solar untuk selalu mengecek tutup tangki dengan baik.

Kemudian, dia meminta pengendara memastikan tidak ada kebocoran sehingga bisa menyebabkan solar tumpah.

Baca Juga : Truk Tangki Seruduk 2 Truk & 2 Motor di JLS Salatiga, 1 Orang Meninggal

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      UMK Semarang 2023 Bakal Naik 7,95%, Pengusaha Protes

      Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Kota Semarang tahun 2023 diusulkan naik 7,95 persen menjadi Rp3.600.348,78.

      Terkuak! Ini Motif Pelaku Pembunuhan Keluarga di Magelang dengan Racun

      Plt Kapolresta Magelang, AKBP Mochammad Sajarod Zakun, mengungkapkan motif pelaku pembunuhan tiga orang dalam satu keluarga di Mertoyudan Magelang.

      Misteri Pembunuhan Keluarga di Magelang Mulai Terkuak, Pelaku Diduga Anak Kedua

      Teka-teki seputar kasus pembunuhan tiga orang dalam satu keluarga di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), mulai terkuak.

      24 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Belajar Kerja Sama Sister City dari Magelang

      Kerja sama antara Kota Magelang dan Kota Tula, Rusia menjadi salah satu bahasan pada Rapat Koordinasi Kerja Sama Daerah dengan Pihak Luar Negeri, yang diselenggarakan di Hotel Aston Inn, Senin (28/11/2022).

      Liburan ke Benteng Portugis Jepara, Bangunan Bersejarah di Tepi Jawa

      Benteng Portugis merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jepara yang menyajikan perpaduan bangunan bersejarah dengan panorama alam di tepi laut.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik Semarang Hari Ini (29/11/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 29 November 2022.

      Perhatian! Ini Cara Urus BLT Tidak Cair di Semarang karena NIK Ganda

      Sejumlah warga Kota Semarang penerima manfaat kesulitan mencairkan bantuan langsung tunai atau BLT karena mengalami NIK ganda.

      3 Orang Sekeluarga di Magelang Diracun, Pelaku Ditangkap

      Polisi telah menangkap terduga pelaku yang melakukan pembunuhan terhadap tiga orang sekeluarga dengan cara memberikan racun.

      Innalillahi, Tabrak Truk, Pelajar Perempuan Kudus Meninggal Dunia

      Seorang pelajar perempuan di Kudus meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan maut menabrak sebuah mobil truk boks.

      Cekcok, Suami di Batang Tembak Istri dengan Airsoft Gun

      Seorang suami di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), tega tembak istri dengan airsoft gun setelah keduanya terlibat pertengkaran.

      Pameran Fotografi di Salatiga, Sajikan Kondisi Rawa Pening Terkini

      Sebuah pameran fotografi yang membahas seputar problematika di Rawa Pening digelar di Salatiga.

      Berakhir, GIIAS Semarang Tarik Minat 30.000 Pengunjung

      GIIAS The Series 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), ternyata sanggup menarik perhatian 30.000 lebih pengunjung.

      Bus Trans Semarang Ramah Disabilitas Resmi Mengaspal, Begini Tampilannya

      Bus Trans Semarang yang ramah bagi penyandang disabilitas resmi meluncur di Kota Semarang.

      Tetapkan UMP Jateng 2023 Naik 8,01%, KSPI: Ganjar Belum Berpihak ke Buruh

      Serikat buruh yang tergabung dalam KSPI Jateng menilai kenaikan UMP 2023 sebesar 8,01 persen belum mengakomodasi kelompok buruh.

      Diduga Diracun, 3 Orang Sekeluarga di Magelang Meninggal

      Tiga orang dalam satu keluarga di Magelang meninggal dunia setelah dibunuh dengan cara diracun.

      Ganjar Sebut Backingan Tambang Ilegal Gede-Gede, Tapi Tidak Tahu Siapa

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membenarkan adanya peran 'orang besar' sebagai backing tambang ilegal di wilayahnya.