SOLOPOS.COM - Jembatan Jurug B dan C di Jl Ir Sutami, Jurug, Jebres, Solo, terlihat dari ketinggian, Rabu (29/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Tidak hanya wilayah Kota Solo, kawasan Palur yang merupakan perbatasan Solo-Sukoharjo-Karanganyar juga terancam macet parah saat Jembatan Jurug B Solo ditutup dan dibongkar mulai 6 Agustus 2022 hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Seperti diberitakan, penutupan Jembatan Jurug B dan Jurug A akan membuat Jembatan Jurug C yang berada di sisi paling selatan menanggung beban lalu lintas dua kali lipat. Selama ini, Jembatan Jurug C menjadi jalur masuk dari arah Palur ke Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Volume kendaraan yang melintas di jembatan itu mencapai sekitar 42.000 unit kendaraan per hari. Jumlah dipastikan bertambah dan berpotensi perlambatan hingga kemacetan saat Jembatan Jurug B yang merupakan jalur kendaraan keluar Solo ditutup. Sebab, kendaraan yang biasanya melewati Jembatan Jurug B akan dialihkan ke Jembatan C.

Ekspedisi Mudik 2024

“Risikonya adalah tumpukan kendaraan di Jembatan Jurug C karena adanya perlambatan, dan di Palur akan ada kemacetan,” jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Hari Prihatno saat pemaparan proyek Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo di Kantor Dishub, Senin (4/7/2022) .

Hari menambakan kepadatan arus lalu lintas tak terhindarkan saat proses pembangunan Jembatan Jurug B. Jumlah kendaraan keluar Solo melalui Jembatan Jurug B berkisar 70.000 kendaraan per hari.

Baca Juga: Jembatan Mojo Solo Direhab, Jembatan Bacem Siap-Siap Tambah Padat!

Pengalihan Arus Lalin

Artinya, jika 70.000 kendaraan itu semuanya lewat Jembatan Jurug C tentunya akan sangat padat. Apalagi Jembatan Mojo di Pasar Kliwon yang menghubungkan Solo-Sukoharjo di selatan Jembatan Jurug juga di saat bersamaan tak bisa berfungsi maksimal karena sedang direhab.

Untuk itu, alternatifnya adalah mengarahkan kendaraan terutama kendaraan besar seperti bus dari arah timur menuju Mojosongo lewat Jl Brigjen Katamso, Jl Ahmad Yani, dan Jl Tentara Pelajar. Atau bisa juga melewati jalan Sukoharjo-Karanganyar melalui Jl Ciu, Karangwuni (Pasar Bekonang), jalan raya Klewer, dan Jl Dr Radjiman, Solo.

Hernowo Indra dari PT Bukaka Teknik Utama selaku pelaksana proyek menjelaskan teknis pengerjaan Jembatan Jurug B Solodi mulai dengan persiapan pada 6 Agustus sampai 5 September 2022.

Baca Juga: Jembatan Mojo-Jurug B Solo Direhab, DPRD: Jangan Sampai Seperti Jonasan

“Setelahnya, kami minta izin untuk menutup akses Jembatan Jurug B mulai dari pembongkaran jembatan lama pada 16 September 2022. Lampu-lampu akan kami bongkar dan juga ada baliho yang akan dibongkar sebelum pembongkaran Jembatan Jurug B Solo,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya