SOLOPOS.COM - ilustrasi (google)

ilustrasi (google)

SYDNEY – Operasi lambung untuk melangsingkan tubuh dan mengobati pasien penderita obesitas dinilai para ilmuwan dapat menyebabkan rapuh tulang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berbagai prosedur yang dilakukan dalam operasi tersebut dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi pasien akibat ukuran lambung dipersempit sementara waktu atau permanen oleh operasi bypass.

Para ahli endokrinologi mengatakan hal ini juga menyebabkan kepadatan tulang berkurang. Persoalan ini menjadi perhatian peneliti karena banyak pasien remaja yang belum mencapai puncak pertumbuhan tulangnya.

Ilmuwan dari Institrut Penelitian Medis Garvan Sydney, Dr Malgorzata Brzozowska, menjelaskan ada hubungan yang rumit antara kegemukan, tulang dan masalah nutrisi.

“Semakin invasif jenis operasi yang dilakukan, maka akan semakin tinggi juga pergantian tulang terjadi. Hal ini yang akan mempercepat pengeroposan tulang,” ujar Brzozowska seperti dikutip Daily Mail.

Brzozowska menjelaskan hal ini tidak hanya disebabkan oleh bobot tubuh yang menurun drastis, namun karena asupan nutrisi berkurang seperti vitamin D dan kalsium. Perubahan hormon yang dilepaskan lemak juga bisa terjadi dan akan memengaruhi sistem syaraf tubuh.

Di Amerika, operasi Roux-en-Y- gastric bypass, adalah salah satu metode operasi yang paling invasif. Jalur pencernaan dari dan menuju lambung posisinya dipindahkan dan beberapa bagian usus juga dipotong.

Operasi lain adalah gastric sleeve, yakni lambung dipotong sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Akibatnya, jumlah makanan yang dikonsumsi pun berkurang.

Asosiasi perkumpulan profesor dan peneliti, Jackie Center menyatakan tidak mau berargumentasi mengenai operasi bariartik ini karena operasi jenis ini adalah senjata ampuh dalam melawan obesitas yang terkait dengan diabetes.

“Namun kami meminta kesehatan tulang pasien juga diperhitungkan,” ujar Brzozowska.

Pemeriksaan kepadatan tulang dan jumlah kalsium yang memadai serta asupan vitamin D yang cukup, disarankan terus diperhatikan oleh pasien yang melakukan operasi bariartik ini.

“Pengawasan tambahan juga sebaiknya dilakukan dan obat untuk melindungi kepadatan tulang sebaiknya juga diberikan kepada pasien,” ujar Brzozowska.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya