SOLOPOS.COM - Dokumen NSA tentang Dropoutjeep, yang diungkap Jacob Appelbaum dapat menyadap seluruh gadget IOS (techcrunch.com)

Solopos.com, MUENCHEN — Peneliti asal Jerman, Jacob Appelbaum mengungkap agensi keamanan nasional Amerika Serikat, NSA  bisa memantau seluruh jenis komunikasi yang dikirimkan ataupun diterima melalui perangkat sistem operasi IOS.

Sepak terjang NSA kembali menjadi sorotan. Dalam sebuah riset, Jacob Appelbum mengungkap bahwa NSA memiliki sebuah program yang disebut “Dropoutjeep” yang memungkinkan agensi tersebut menyadap pesan sms, mengakses daftar kontak, menemukan lokasi ponsel dengan data lokasi BTS, hingga mengaktifkan mikroforn dan kamera iPhone.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

TechnoCrunch, Kamis (2/1/2013),  mengutip majalah Jerman, Der Spiegel melaporkan NSA sukses memasang spyware khusus dalam perangkat iOS. Untuk menanamkan spyware tersebut, NSA perlu akses fisik ke perangkat tersebut yang telah dapat dilakukan melalui pengalihan rute pengiriman Iphone yang dibeli secara online.

NSA diketahui juga sedang mengerjakan exploit yang bisa dijalankan secara remote. Ini berarti spyware kelak juga bisa ditanamkan dari jarak jauh.

Menurut Appelbaum, ada dua kemungkinan bagaimana exploit tersebut dapat dilakukan. Kemungkinan pertama adalah NSA memiliki banyak koleksi exploit yang bisa dipakai di produk Apple, sedangkan kemungkinan kedua adalah Apple menyediakan akses tersebut secara langsung.

Pihak Apple menampik keterlibatan pihaknya dalam membantu NSA membuat backdoor tersebut. Pihak Apple juga tidak mengetahui akan adanya program backdoor tersebut selama ini. Apple menyatakan akan membela para pelanggannya terhadap serangan keamanan yang diarahkan ke produknya, tanpa memperhatikan siapa yang ada di belakang serangan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya