Awas, Money Game Ilegal dan Robot Trading Masih Menjamur

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, mengatakan dengan realitas yang ditemukan oleh timnya ini, maka masyarakat diminta berhati-hati dalam memilih penawaran investasi dan menggunakan pinjaman online.

 Ketua Tim Satuan Tugas Waspada Investasi Tongam L. Tobing (kiri) bersama  Kepala Otoritas Jasa Keuangan Jember Azilsyah Noerdin beberapa waktu lalu memberikan penjelasan ihwal urgensi mewaspadai tawaran investasi bodong dan pinjaman daring ilegal. (Antaranews.com)

SOLOPOS.COM - Ketua Tim Satuan Tugas Waspada Investasi Tongam L. Tobing (kiri) bersama Kepala Otoritas Jasa Keuangan Jember Azilsyah Noerdin beberapa waktu lalu memberikan penjelasan ihwal urgensi mewaspadai tawaran investasi bodong dan pinjaman daring ilegal. (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTA–Satgas Waspada Investasi (SWI) menemukan tujuh entitas investasi tanpa izin sepanjang April 2022.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, mengatakan dengan realitas yang ditemukan oleh timnya ini, maka masyarakat diminta berhati-hati dalam memilih penawaran investasi dan menggunakan pinjaman online.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Satgas Waspada Investasi bukan aparat penegak hukum sehingga tidak dapat melakukan proses hukum. [Langkah kami] selain menghentikan dan mengumumkan kepada masyarakat, Satgas Waspada Investasi juga melakukan pemblokiran terhadap situs maupun website ataupun aplikasi dan menyampaikan laporan informasi ke Bareskrim Polri,” kata Tongam dalam pernyataannya yang dikutip Senin (23/5/2022).

Dia menyebutkan temuan investasi ilegal yang ditemukan dan dihentikan oleh satuan gabungan 12 kementerian dan lembaga ini terdiri atas dua entitas money game, satu MLM tanpa izin, dua entitas forex dan robot trading tanpa izin, serta satu entitas melakukan kegiatan perdagangan asset kripto tanpa izin dan satu entitas lainnya.

“Menanggapi beberapa informasi yang beredar di masyarakat, Satgas Waspada Investasi tidak pernah melarang penarikan dana dari para korban investasi bodong. Setiap entitas yang dihentikan kegiatannya oleh Satgas Waspada Investasi diperintahkan untuk mengembalikan kerugian masyarakat,” tegas Tongam.

Baca Juga: BRI Imbau Masyarakat Waspada Investasi Ilegal

Selain menghentikan aktivitas sejumlah entitas di April 2022, Tongam juga menyampaikan telah melakukan pemanggilan terhadap influencer Ida Bagus Aswin P alias Gus Aswin selaku founder Tubi Indonesia yang memasarkan produk broker ilegal OctaFx.

“Kepada Gus Aswin, Satgas Waspada Investasi meminta untuk menghentikan segala kegiatan yang mempromosikan dan memfasilitasi broker OctaFx karena merupakan pelanggaran hukum,” tegas Tongam.

Sementara itu, dalam periode sama Satgas Waspada Investasi telah menghentikan 100 pinjaman online (pinjol) ilegal. Dengan penambahan ini, terhitung sejak 2018 hingga April 2022 ini, Satgas Waspada Investasi yang telah ditutup menjadi sebanyak 3.989 pinjol ilegal.

“Satgas Waspada Investasi mendorong penegakan hukum kepada para pelaku pinjaman online ilegal ini dengan terus menerus juga melakukan pemblokiran situs dan aplikasi agar tidak diakses oleh masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Berantas Pinjol Ilegal, Satgas Waspada Investasi Dorong Penguatan Kerja Sama 5 Institusi Ini

Masyarakat diminta mewaspadai segala bentuk modus baru yang dilakukan oleh para pelaku untuk menjerat korban.

Satgas Waspada Investasi juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan pedagang fisik aset kripto terdaftar di Bappebti dan tidak menggunakan pedagang fisik aset kripto ilegal, seperti Binance, FTX, Coinbase Exchange, Huobi, dan Kraken karena tidak memiliki izin dari Bappebti.

“Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan serta pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id,” katanya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Awas Apes! Robot Trading Hingga Money Game Ilegal Masih Menjamur

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tesla PHK Ratusan Pekerja Autopilot di California AS, Ini Alasannya

Produsen mobil listrik Tesla Inc. melakukan PHK ratusan pekerja di divisi autopilot perusahaan setelah menutup fasilitas produksi kendaraan listrik di California, Amerika Serikat  (AS).

Kurs Rupiah Dibuka Lesu di Level Rp14.848 Per Dolar AS

Mata uang Asia lainnya dibuka bervariasi, yakni yen Jepang yang naik 0,07%, won Korea Selatan melemah 0,53%, yuan China naik 0,09%, dan ringgit Malaysia naik 0,06%

PPN 11 Persen Berpotensi 700.000 Orang Jatuh Miskin, Kok Bisa?

Bank Dunia menyebut kenaikan PPN menjadi 11 persen membuat bertambahnya warga miskin di Indonesia.

Kompak Anjlok! Simak Harga Emas Pegadaian, Rabu 29 Juni 2022

Harga emas yang dijual di Pegadaian Rabu (29/6/2022) hari ini terpantau turun, baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Satu Kota di Jateng-DIY Wajib Pakai MyPertamina Beli Pertalite, Solo?

Hanya ada satu kota di Jateng-DIY yang wajib menerapkan MyPertamina untuk pembelian Pertalite dan Solar, yakni Kota Yogyakarta.

IHSG Diprediksi Lanjutkan Pelemahan, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melemah pada perdagangan hari ini, Rabu (29/6/2022).

Sudah Angkut 155 Juta Penumpang, PT KAI Terus Berinovasi

Perkembangan alat transportasi dan perbankan diharapkan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah.

83 Tower Rusun Dibangun Kementerian PUPR Pada 2023

Sebanyak 83 tower atau rusun senilai Rp1,88 triliun akan dibangun Kementerian PUPR pada 2023

Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina, Begini Cara Pakai dan Bayar

Ada sejumlah langkah sebelum menggunakan aplikasi MyPertamina di SPBU

Bea Cukai Kudus Buka Ajuan Penangguhan Cukai Rokok, Begini Syaratnya

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus membuka pengajuan penangguhan cukai rokok. Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Ini 11 Daerah yang Wajib Kenakan MyPertamina Beli Pertalite dan Solar

Sebelum menggunakan MyPertamina, konsumen terlebih dahulu mendaftarkan diri di laman subsiditepat.pertamina.id.

Cair 1 Juli, Anggaran Gaji ke-13 ASN dan Pensiunan Capai Rp35,5 Triliun

Kementerian Keuangan menganggarkan dana sebesar Rp35,5 triliun untuk pemberian gaji ke-13 Aparatur Sipi Negara (ASN) dan pensiunan yang akan dicairkan mulai 1 Juli 2022.

Perlu Tahu, Begini Cara Mengetahui SPBU Berlaku Curang

Sebagai konsumen terutama pemilik kendaraan, mungkin ingin tahu cara mengetahui SPBU curang atau tidak ketika kita membeli BBM di tempat itu.

Kurs Rupiah Ditutup Melemah Rp14.830 Per Dolar AS, Selasa 28 Juni 2022

Bersama dengan rupiah, yen Jepang juga melemah 0,20%, dolar Taiwan melemah 0,22%, dan rupee India melemah 0,52%.

IHSG Ditutup Melemah Diposisi 6.996,45, Saham Big Cap Jadi Penekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup ke zona merah di tengah aksi jual terhadap saham berkapitalisasi pasar jumbo.