SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JAKARTA—Biasanya program jahat untuk Android hanya berpengaruh terhadap sistem operasi tersebut. Namun baru-baru ini ditemukan juga program jahat yang mampu menginfeksi komputer berbasis Windows.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Malware tersebut ditemukan Kaspersky dengan menyamar sebagai aplikasi ‘bersih-bersih’ memori, misalnya dengan mematikan sejumlah program yang berjalan di belakang layar.

Saat hinggap di perangkat berbasis Android, malware itu akan secara otomatis melakukan aktivitas ilegal seperti, mengirim SMS, mengaktifkan WiFi, mengirim data ke pembuat, mencuri foto dan daftar kontak, serta berbagai hal mengerikan lainnya.

Tapi tak cukup sampai di situ, program jahat ini juga akan secara otomatis menyebarkan dirinya ketika perangkat yang terinfeksi dihubungkan ke komputer.

Ada 3 file utama yang memungkinkan malware ini menginfeksi komputer, autorun.inf, folder.ico, dan svchosts.exe. Nah, file terakhir itulah yang akan secara otomatis membuat backdoor dan memasukkan file berbahaya lainnya ke komputer.

Seperti dikutip dari The Next Web, Senin (4/2/2013), serangan malware ini memang bukanlah hal yang baru dalam dunia komputer. Namun ini dianggap sebagai ancaman bagi para pengguna Android karena menggunakan teknik baru yang unik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya