Tutup Iklan
Awas! Jl. Kolonel Sugiono Solo Masuk Black Spot setelah Terjadi Dua Kecelakaan Fatal
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, SOLO--Jl. Kolonel Sugiono, Kadipiro, Banjarsari, Solo, pekan lalu masuk dalam kategori ruas jalur rawan kecelakaan lalu lintas atau black spot. Hal itu menyusul dua kecelakaan fatal yang berakibat dua orang meninggal dunia seusai memperoleh perawatan di rumah sakit.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Afrian Satya Permadi, kepada wartawan Sabtu (1/8/2020) menjelaskan analisis evaluasi kepolisian dibagi dalam kategori black spot per hari, pekan, dan bulan. Lalu, jalan penghubung ke Kabupaten Sragen itu masuk dalam kategori black spot per pekan.

"Jl. Kolonel Sugiono pekan kemarin masuk dalam kategori black spot. Saat ini masih kami analisis apakah tetap black spot atau tidak. Termasuk, di ruas-ruas jalan lain bisa lepas atau jadi black spot," papar dia mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rifai.

Seorang Lulusan Positif Covid-19, UGM Yogyakarta Lakukan Tracing

Ia menambahkan jalur perlintasan umum dan kendaraan berat itu menuntut pengguna jalan ekstra waspada.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kecelakaan pertama terjadi pada Senin (6/7/2020) sore melibatkan dua sepeda motor dan satu truk. Kecelakaan itu mengakibatkan Sumadi, 42, warga Tegaldowo, Gemolong, Sragen, meninggal dunia. Korban terjatuh saat hendak mendahului truk lalu ditabrak pesepeda motor lain dari arah berlawanan.

Lalu, kecelakaan yang mengakibatkan salah seorang warga meninggal dunia terjadi pada Minggu (26/7/2020) dini hari. Akibatnya pengendara sepeda motor Yamaha RX King yakni pemuda berinisial B, warga Boyolali, meninggal dunia seusai bertabrakan dengan mobil Toyota Agya berpelat nomor AD 8955 BS.

Awali Agustus, Sri Mulyani: 6 Warga Klaten Sembuh, 6 Positif Covid-19

Dalam kecelakaan itu, pengemudi mobil melaju dari arah selatan ke utara. Saat hendak mendahului truk di depannya, dari arah berlawanan korban melaju. Mobil itu lantas menghantam korban dan korban meninggal dunia seusai dirawat di rumah sakit.

 

Tidak Hati-Hati

Kasatlantas menjelaskan faktor yang membuat jalur itu rawan kecelakaan maut dapat terjadi akibat kelalaian dan tidak hati-hati pengguna kendaraan itu sendiri. Menurutnya, meskipun jalur itu lurus pengguna jalan harus tetap fokus karena kendaraan besar seperti bus dan truk melalui perlintasan itu.

Ia berharap masyarakat selalu memerhatikan kondisi jalan seperti saat hendak mendahului serta mengecek kelengkapan berkendara. Jangan sampai, pengguna kendaraan tidak melengkapi kendaraan dengan lampu seperti dalam kecelakaan Yamaha RX King itu.

Kabar Duka, Ketua DPRD Jepara Tutup Usia

Ia menyebut masyarakat juga harus jeli memerhatikan manajemen waktu perjalanan. Dengan hal itu saat berkendara pengguna jalan tidak terburu-buru memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho