Awas! Ini OPD Pemkot Solo Yang Rawan Pungli Menurut Anggota DPRD

Ketua Komisi I DPRD Solo Suharsono mengatakan kasus pungli oleh pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi harus menjadi peringatan untuk Gibran dan jajaran Pemkot Solo.

 Seorang pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi Solo tertangkap kamera tengah bertransaksi pungli belum lama ini. (Tiktok @ingatnafasitu)

SOLOPOS.COM - Seorang pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi Solo tertangkap kamera tengah bertransaksi pungli belum lama ini. (Tiktok @ingatnafasitu)

Solopos.com, SOLO — Ketua Komisi I DPRD Kota Solo, Suharsono, menjelaskan ada sejumlah ceruk atau ruang remang-remang di organisasi pemerintahan daerah atau OPD yang rawan terjadi tindak pidana korupsi, seperti suap maupun pungutan liar atau pungli.

Hal itu dikatakan Suharsono menanggapi adanya pegawai Terminal Tirtonadi Solo yang terekam kamera tengah bertransaksi pungli. Suharsono mencontohkan ceruk atau ruang pungli/suap yakni ketika terjadi mutasi jabatan di lingkungan pemerintahan.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Dalam hal ini Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan atau Baperjakat rentan untuk disuap. “Anggota Baperjakat rentan disuap, agar pegawai ditempatkan di posisi tertentu. Nah peluang itu tidak hanya dari pejabat itu sendiri, orang yang punya ambisi bisa menjadi peluang. Makanya sama-sama,” ujarnya saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (30/6/2022).

Contoh lainnya, menurut Suharsono, pengadaan barang dan jasa di OPD Pemkot Solo juga rawan suap maupun pungli. Dalam pengadaan barang atau jasa pasti disertai spesifikasi teknis yang harus dipenuhi, sesuai aturan mainnya.

Dalam proses lelang pengadaan barang dan jasa itu, Suharsono berpesan agar jangan sampai dimainkan. Seperti dengan pengondisian proses lelang agar pemenangnya mengarah kepada salah satu rekanan atau kontraktornya.

Baca Juga: Pegawai Tirtonadi Solo Lakukan Pungli, Legislator: Warning Buat Gibran!

“Spesifikasi yang sudah ditentukan harus benar-benar dipenuhi, jangan sampai di bawah spesifikasi itu. Juga di Badan Pengadaan Barang dan Jasa yang dulu bernama LPSE, jangan sampai proses lelang dimainkan, dikondisikan,” urainya.

Suharsono menilai dengan alasan apa pun tidak boleh melakukan tindak pidana korupsi termasuk pungli atau suap. Termasuk bila alasan yang disampaikan terkait rendahnya pendapatan bulanan seorang pegawai atau pejabat.

Memperketat Pengawasan

“Itu sisi yang tidak pas untuk alasan melakukan korupsi, karena semua sudah diatur niatnya jadi pegawai seharusnya tidak menjadi alasan, seperi ada bupati yang bilang memang gajinya kecil sehingga halalkan korupsi,” katanya.

Baca Juga: Tertangkap Kamera Lakukan Pungli, Pegawai Tirtonadi Solo Dipecat

Politikus PDIP itu mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawasi jalannya pemerintahan di OPD Pemkot Solo, termasuk perilaku pegawainya, agar jangan sampai terjadi pungli. Ajakan itu termasuk kepada para legislator di DPRD Solo yang salah satu fungsinya memang mengawasi pemerintah.

Sebelumnya, Suharsono juga sudah mewanti-wanti agar terungkapnya praktik pungli oleh seorang pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi Solo berinisial BP itu harus menjadi peringatan bagi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Jangan sampai praktik pungli tersebut juga terjadi di lingkungan OPD Pemkot Solo yang kini dipimpin Gibran. “Kaitan adanya pungli di terminal, pertama saya harus clearance dulu bahwa Terminal Tirtonadi menjadi otoritas pemerintah pusat, dalam hal ini, Kemenhub. Jadi pelaku pungli itu bukan pegawai Pemkot Solo,” terangnya.

Baca Juga: Pegawai Tirtonadi Solo Tertangkap Lakukan Pungli, Ini Kata Ombudsman RI

Walau pelaku pungli di Terminal Tirtonadi Solo itu bukan merupakan pegawai di lingkungan Pemkot Solo, Suharsono meminta Wali Kota bersama OPD memperketat pengawasan.

Pungli di Terminal Tirtonadi

Suharsono menjelaskan OPD yang bertugas melakukan pengawasan terhadap kinerja dan perilaku pegawai Pemkot Solo yaitu Inspektorat. Diharapkan tidak ada pegawai Pemkot Solo yang melanggar aturan.

Diberitakan sebelumnya, pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi Solo berinisial BP diduga melakukan pungli saat bertugas. Aksi melanggar aturan itu tertangkap kamera dan diunggah pengelola akun Tiktok @ingatnafasitu.

Unggahan itu langsung viral dan mendapat banyak sekali respons dari warganet. Di video itu terlihat sosok BP yang mengenakan seragam tugas sedang berinteraksi dengan seseorang. BP berbicara sambil memegang berkas-berkas.

Baca Juga: Malunya Gibran, Pegawai Tirtonadi Solo Tertangkap Kamera Lakukan Pungli

Sejurus kemudian dia memindahkan tangannya ke bawah kertas yang ia pegang dengan tangah kiri. Tangan si lawan bicara kemudian juga terlihat masuk ke bawah kertas seolah memberikan sesuatu.

Dilihat dari latar belakang tempat terjadinya insiden itu diduga BP melakukan aksi pungli tersebut di kawasan Terminal Tirtonadi Solo. Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, saat dihubungi wartawan melalui telepon mengaku sudah mengetahui video tersebut dan mengambil tindakan yang sepadan. “Sudah kami assesment, sudah kami klarifikasi,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.

      Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

      Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan akan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Pringgondani, Wonokerto, Wonogiri, Rabu (17/8/2022).