Awas! Ini 12 Tipe Teman Toxic, Kenali Cirinya
Ilustrasi hubungan pertemanan. (Boldsky)

Solopos.com, SOLO – Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata teman? Orang yang mengerti Anda, peduli, atau bahkan setia? Tapi tahukah Anda sebagian dari mereka ternyata tidak benar-benar menganggapmu sebagai teman sejati?

Sebagai makhluk sosial tentunya manusia membutuhkan bantuan orang lain. Anda juga pasti butuh seorang teman untuk menemani perjalanan hidup.

Tak jarang sebagian orang benar-benar mendapatkan teman tapi mereka mungkin tidak menyadari apakah teman itu memberikan dampak positif atau malah justru negatif dalam hidupnya.

Makam Ashraf Sinclair di San Diego Hills Seharga Rumah Baru

Teman yang membawa pengaruh negatif itu biasanya disebut toxic people. Nah sebelum Anda menyesal, yuk kenali ciri-ciri teman toxic seperti dikutip dari Boldsky Sabtu (15/2/2020) berikut ini:

The moocher

The moocher atau orang yang menyukai gratisan biasanya akan berasalan tidak membawa uang tunai atau dompetnya ketinggalan, saat Anda pergi bersama mereka atau makan berdua.

Orang dengan tipe itu biasanya suka menodong minta dibayari. “Bayarin dulu ya,” inilah kata andalan yang sering mereka ucapkan.

Tapi, mereka tidak pernah ingat untuk mengganti uang teman yang membayar kebutuhannya. Jika tidak mau rugi, cobalah menjaga jarak dengan orang-orang seperti ini.

Panduan Lengkap Cara Daftar SNMPTN 2020

The flaker

Pernah merencanakan pergi ke suatu tempat bersama teman? Tapi tiba-tiba mereka membatalkan rencana tersebut sepihak? Mereka termasuk kedalam jenis flaker.

Meraka akan setuju dengan rencana yang sudah dirancang sebelumnya, tapi ketika hari H tiba beralasan tidak datang. Percayalah orang sejenis flaker hanya akan membuang-buang waktu berharga Anda.

The competitor

Tipe pesaing dalam pertemanan sebenarnya baik, mereka akan memacu semangat Anda dalam memperoleh sesuatu. Tapi jika Anda memiliki tipe teman seperti ini, lebih baik menjauhinya karena mereka cenderung mengajak selalu bersaing dalam memperoleh apapun.

3 WNI di Kapal Pesiar Jepang Positif Terjangkit Virus Corona

The cry baby

Merasa sedih dan kecewa dalam beberapa hal boleh saja. Tapi apakah Anda ingin bersama seseorang yang terus-menerus menyalahkan nasibnya dan tidak melakukan apa pun untuk mengubah sesuatu? Bersama dengan teman yang selalu pesimis seperti ini akan membuat Anda kehilangan semangat dan sedih berlarut-larut.

The vampire

Vampir sungguhan biasanya akan menghisap darah manusia. Tapi bagaimana dengan teman yang memilik sifat seperti vampir? Mereka akan menghisap aura positif yang Anda punya dan menggantinya dengan penderitaan, rasa sakit, serta hal negatif lainnya.

Mereka tidak merasa sungkan meminta bertemu bahkan ketika Anda sedang sibuk. Mereka juga kerap menggangu Anda hanya untuk berbicara tentang kesulitan yang sedang dihadapi. Tetapi mereka jarang mendengarkan kesulitan Anda.

The manipulative friend

Orang-orang ini sama sekali bukan teman Anda. Tapi mereka akan berpura-pura menjadi teman. Dalam kamus hidup mereka, berteman hanya untuk memanipulasi dan mendapatkan apa pun yang mereka inginkan.

Entah itu pakaian, uang, gadget, atau apa pun yang akan menguntungkan mereka. Ketika motifnya sudah terpenuhi, mereka akan berpura-pura tidak pernah mengenal Anda.

The cling friend

Tipe teman seperti ini akan secara emosional bergantung pada Anda sepanjang waktu. Mereka menjadi sangat tidak nyaman ketika Anda bersama dengan orang lain atau bahkan pasangan. Mereka menginginkan perhatian penuh dari Anda. Lebih baik Anda menjaga jarak dengan orang-orang seperti itu.

Makam Bupati Pertama Wonogiri Bakal Jadi Objek Wisata Sejarah

The drama queen

Teman-teman sejenis ini akan membuat drama yang tidak perlu dengan bereaksi berlebihan pada beberapa kesempatan. Mereka akan dengan sengaja memunculkan beberapa konflik dan masalah hanya untuk mencari perhatian. Mereka juga kadang bersikap egois ketika Anda membutuhkan pertolongan.

The critic

Menghakimi orang lain adalah kualitas utama dari tipe the critic. Orang-orang dengan tipe seperti ini biasanya ambisius dalam mencapai suatu hal. Mengkritik orang lain sebenarnya baik. Tapi jika Anda dikritik oleh orang-orang ini setiap saat, maka tidak perlu berteman dengan mereka. Alih-alih membantu, justru teman-teman seperti ini akan selalu membuat Anda down dan kehilangan rasa percaya diri.

The stagnant

Orang-orang seperti ini tidak pernah ingin membawa perubahan positif dalam diri mereka sendiri karena sangat nyaman dengan kehidupan. Mereka tidak suka menerima tantangan atau melakukan hal-hal yang berisiko.

Mereka suka tinggal di zona nyaman dan tidak akan mencoba sesuatu yang baru dalam hidup. Jika memilih berteman dengan orang-orang seperti ini, percayalah Anda juga tidak akan berkembang.

Dulu Bak Eropa, Taman Bendung Tirtonadi Solo Kini Kumuh

The control freak

Jika ada seorang teman yang selalu mencoba untuk mendominasi pikiran, keputusan, dan tindakan Anda, maka mereka tergolong ke dalam control freak. Mereka suka mengendalikan dan memberi semua orang arahan. Kadang-kadang, mereka dapat menekan Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak disukai.

The gossiper

Dari namanya saja pasti sudah punya gambaran dengan orang-orang tipe penggosip. Mereka selalu datang dan menyebar gosip-gosip yang tidak jelas sumbernya dan belum tentu kebenarannya.

Mereka juga berbakat mengubah pembicaraan apa pun menjadi gosip dengan menambahkan beberapa fakta palsu. Memang mungkin Anda juga membenarkan gosip yang dia ceritakan. Tapi menggosipkan seseorang bukanlah yang baik. (Ria Sari Febrianti/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho