SOLOPOS.COM - Ilustrasi cek hipertensi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO —Istilah hipertensi mungkin sudah sangat familier di masyarakat. Namun mungkin tidak banyak yang tahu jika hipertensi atau tekanan darah tinggi tersebut tidak hanya menyasar orang tua, tapi juga anak-anak.

Hal tersebut telah dibahas dalam Health Talk Rumah Sakit (RS) JIH Solo belum lama ini. Pada acara yang disiarkan di Youtube RS JIH Solo, Dokter Spesialis Anak RS JIH Solo, dr. Agustina Wulandari, M.Kes, Sp.A(K)., menyampaikan hipertensi merupakan kondisi peningkatan tekanan darah. Baik itu akut atau kronis.

Kondisi ini bisa terjadi pada anak-anak, meskipun batasan tekanan darah pada orang dewasa dan anak itu sedikit berbeda. Jika pada batasan tertentu dapat disebut normal pada orang dewasa, bisa jadi akan menjadi cukup tinggi pada anak. Dia mengatakan ada cara khusus untuk menentukan batasan tekanan darah pada anak yang dihitung dengan melihat usia, jenis kelamin dan tinggi badan anak.

Sedangkan mengenai penyebab terjadinya hipertensi pada anak, menurutnya ada beragam faktor yang mendukungnya.
“Mengenai penyebab pada anak, pada prinsipnya dibagi dua, yakni hipertensi primer dan hipertensi sekunder,” kata dia.

Pada hipertensi primer mungkin dipengaruhi oleh faktor keturunan dan lifestyle. Kurangnya aktivitas fisik juga bisa menjadi pemicunya. Pengaruh lainnya adalah pola makan, dan obesitas. Menurutnya pada kategori tersebut biasanya menyasar anak umur remaja atau 10 tahun ke atas.

“Itu kita bisa curigai jika itu primer setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata dia.

Namun menurutnya, kasus yang banyak terjadi pada anak adalah hipertensi yang sekunder. Kasus tersebut bisa muncul sejak bayi baru lahir. Biasanya hal itu berhubungan dengan penyakit tertentu, misalnya penyakit ginjal. Baik itu infeksi, sumbatan saluran kemih dan sebagainya.

Faktor lainnya adalah berkaitan dengan gangguan pembuluh darah, tumor, masalah penggunaan obat-obatan tertentu jangka panjang dan sebagainya. “Jadi memang kompleks penyebabnya,” kata dia.

Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi atau mengakses layanan, bisa langsung ke Rumah Sakit JIH Solo di Jl. Adisucipto No. 118, Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo. Didukung oleh dokter, perawat, paramedis, dan staf yang profesional dan ramah dalam melayani pasien, JIH juga memiliki peralatan medis modern dan terbaru.

 

 

Rekomendasi
Berita Lainnya