SOLOPOS.COM - Ilustrasi pria (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, DETROIT – Bukan tidak mungkin, seorang pria memiliki payudara seperti wanita. Dokter bedah plastik asal Detroit, Amerika Serikat (AS) Anthony Youn mengungkap konsumsi marijuana atau ganja akan mendorong pertumbuhan payudara pada pria.

Dilansir CNN, Kamis (5/12/2013), Youn mengungkap payudara dapat tumbuh di tubuh pria pada keadaan tertentu. Ganja disebut dapat memicu tumbuhnya payudara melalui pembesaran jaringan kulit pada dada pria.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini terjadi karena zat adiktif pada ganja akan merusak hormon pria. Zat-zat yang terkandung di dalam ganja dapat mengurangi volume hormon testoteron dalam tubuh. Akibat lain yang terjadi yaitu merusak fungsi kandungan sperma dan memperkecil ukurang penis.

Beberapa penelitian menyebut penghisap ganja memiliki tingkat testoteron yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak menghisap daun tersebut.

Data dari asosiasi bedah plastik di AS, American Society fo Aesthetic Plastic Surgery (ASAPS) mengungkap dari tahun 2011 ke tahun 2012 terjadi peningkatan jumlah pria yang melakukan operasi pengangkatan jaringan kulit dari dadanya.

Dalam dunia medis fenomena ini disebut gynecomastia. Gynecomastia terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada laki-laki. Hormon testosteron laki-laki akan didominasi estrogen dan menyebabkan banyak fenomena ganjil terjadi.

Rata-rata, gynecomsatia menyerang pria antara umur 25 sampai 45 tahun.
Esterogen yang dominan pada tubuh akan menyebabkan tubuh cepat merespon dan menciptakan jaringan kulit dan syaraf seperi payudara wanita. Diperlukan suplai testosteron untuk mengembalikan ke kondisi semula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya