SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak-anak asyik dengan gadget (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Penelitian yang dilakukan di Cohen Medical Centre di New York, Amerika Serikat mengungkapkan anak-anak yang kerap bermain game bersifat tak mendidik di tablet dan smartphone membuat anak lebih lambat dalam berbicara. Beberapa permainan yang tak bersifat mendidik tersebut di antaranya adalah permainan populer seperti Angry Bird dan Fruit Ninja.

Dilansir Daily Mail, Senin (5/5/20140, hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati perilaku orang tua yang memberikan anak mereka permainan yang juga mereka mainkan dalam gadget. Penelitian ini difokuskan pada anak-anak usia 0 hingga 3 tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di era modern seperti sekarang banyak orang tua memilih mengganti buku dan mainan anak mereka dengan smartphone atau tablet. Sebagian besar orang tua berbuat demikian karena tak menyadari akan bahaya negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget oleh anak-anak mereka. Padahal yang paling dibutuhkan oleh anak-anak sebenarnya adalah komunikasi yang baik dengan orang tua mereka.

Padahal menurut pengujian yang dilakukan oleh para ahli, anak-anak yang sering memainkan game non pendidikan cenderung memiliki keterampilan komunikasi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan anak yang tidak memainkan game di gadget. Hasil penelitian ini juga menunjukkan tidak adanya manfaat yang dapat diambil dari penggunaan smartphone atau tablet oleh anak-anak.

“Teknologi tidak bisa menggantikan interaksi orang tua dengan anaknya. Hanya berkomunikasi dengan anak Anda adalah cara terbaik dalam belajar,” pesan salah satu peneliti, Dr Milanaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya