SOLOPOS.COM - Gletser Thwaites di Antartika, dilihat dari satelit NASA (JIBI/Solopos/Reuters/NASA)

Solopos.com, OSLO- Akibat pemanasan global gletser luas di Antartika Barat mencair. Hal tersebut dapat berdampak pada naiknya permukaan air laut di seluruh benua.Hal tersebut disampaikan para ilmuwan pada Senin (12/5/2013) sebagaimana dilansir Reuters.

Radar satelit melacak terdapat enam gletser yang digerogoti  oleh air laut yang memanas di seluruh benua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bukti menunjukkan terdapapt lapisan yang lumayan besar tergerus akibat hal tersebut,” kata ilmuwan dari Universitas California, Eric Rignot.

Ekspedisi Mudik 2024

Bagian dari Antartika ini merupakan penyumbang terbesar kenaikan permukaan laut beberapa tahun mendatang. Hal ini dapat menaikkan permukaan laut sampai ketinggian 1,2 meter (4 kaki).

Meski begitu, memutus emisi gas merupakan bagian dari upaya untuk mengendalikan pemanasan global, setidaknya bisa memperlambat guguran gletser dari Pulau Pine, Thwaites, Haynes, Paus, Smith dan Kohler.

“Kami pikir ini adalah terkait dengan pemanasan iklim,” kata Rignot. Dia menambahkan penumpukan gas yang mengakibatkan rumah kaca buatan manusia di atmosfer mempengaruhi pola angin di sekitar Antartika, sehingga mengarahkan air hangat menuju Antartika.

Hampir 200 negara telah sepakat bekerjasama untuk menanggulangi pemanasan global yang dapat mengakibatkan bajir, kekeringan, gelombang panas, dan tingkat ketinggian air laut.

Lembaga PBB yang mengamati perubahan iklim dunia mencatat permukaan air laut cenderung naik dari 26 sampai 82 cm (10 sampai 32 inci). Kemudian naik 19 cm (17 inci) pada tahun 1900.

“Lapisan es di planet ini berperan besar dalam kenaikan air laut dalam beberapa dekade ke depan,” kata salah seorang profesor geosains Universitas Pennsylvania, Sridhar Anandakrishnan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya